Air Terjun Goa Selarong di Bantul

0 10

Air Terjun Goa Selarong

Air terjun Goa Selarong merupakan salah satu destinasi wisata alam yang cukup indah disertai Goa Selarong yang akan memberikan pengetahuan baru sekitar sejarah dimasa lampau. Kombinasi antara goa dan air terjun ditempat ini memberikan kesan yang menarik dan membuat banyak orang ingin mengunjungi tempat ini sekedar untuk berwisata ataupun ingin mencari tahu sejarah tentang goa ini karena dulu Pangeran Diponegoro pernah digunakan sebagai tempat untuk menyusun strategi melawan Belanda.

Akses Menuju Air Terjun Goa Selarong

Air terjun Goa Selarong ini terletak di Dusun Kembang Putihan desa Gowasari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa Selarong ini merupakan tempat wisata sekaligus merupakan bagian dari sejarah perjuangan Pahlawan Nasional Indonesia khususnya bagi Pangeran Diponegoro. Tempat ini pernah dijadikan oleh beliau sebagai tempat kediaman beliau setelah rumah Pangeran Diponegoro dibakar oleh Belanda.

Ditempat ini pula beliau menyusun strategi untuk melawan Belanda. Untuk menuju ketempat ini, anda bisa menempuh menggunakan beberapa jalur yang cukup mudah untuk dilalui. Jarak ke tempat ini hanya sekitar 30 Km dari pusat kota Yogyakarta dan menghabiskan waktu sekitar 45 menit perjalanan. Jika anda sudah sampai ditempat ini, maka anda akan disambut dengan patung Pangeran Diponegoro.

Keindahan Air Terjun Goa Selarong

Air terjun Goa Selarong ini terletak di perbukitan kapur dengan ketinggian kurang dari 35 meter. Jika anda melihat disekitar goa, anda akan melihat pohon-pohon yang begitu lebat dan rindang. Goa ini juga letaknya cukup curam sehingga anda perlu berhati-hati saat hendak kesini. Goa ini juga cukup sempit karena memiliki lebar 3 meter dan tingginya juga tak sampai 2 meter. Walaupun begitu, kondisinya yang cukup asri membuat orang menikmati goa tersebut saat berwisata ke tempat ini. Air terjun disekitar goa ini juga cukup cantik dan memiliki daya pikatnya tersendiri. Tidak hanya itu, disekitar goa ini juga memiliki dua sendang yang akan membuat anda tertarik lagi dengan tempat ini. Sendang tersebut dinamai dengan sendang Manik Moyo dan Umbul Moyo.

Fasilitas di Air Terjun Goa Selarong

Jika anda datang ke tempat wisata ini, anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia didalamnya karena fasilitas yang ada disini bisa dibilang cukup lengkap meskipun berada diatas bukit kapur. Disini, anda tidak perlu bingung jika ingin pergi ke toilet karena anda bisa menjumpai toilet dan juga masjid yang memang sudah tersedia ditempat ini. Selain itu, wisata Goa Selarong juga menyediakan tempat bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Beberapa souvenir seperti patung primitive yang terbuat dari kayu bisa menjadi salah satu souvenir yang cukup bagus untuk anda. Untuk mendapatkan souvenier tersebut, anda bisa mendapatkannya di Sanggar Diponegoro yang lokasinya berada di dekat gapura ketika masuk kedalam goa.

Harga Tiket di Air Terjun Goa Selarong

Oleh karena itu, jika anda sedang mencari tempat wisata yang memiliki suasana baru, Air terjun Goa Selarong bisa menjadi solusi terbaik anda. Untuk masuk kedalam goa, anda dikenai biaya retribusi sebesar Rp 2750 dan parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor. Tempat ini dibuka pada pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Namun, waktu terbaik untuk datang dan mengunjungi tempat ini adalah pada pukul 12.00 hingga 14.00. Dengan harga tiket yang cukup murah dan rute yang mudah,

Source http://www.tanahnusantara.com http://www.tanahnusantara.com/air-terjun-goa-selarong-di-bantul-yogyakarta/
Comments
Loading...