Air Terjun Goa Rang Reng di Gianyar, Bali

0 30

Air Terjun Goa Rang Reng

Air Terjun Goa Rang Reng Gianyar memang belum sepopuler air terjun yang lain, namun keindahannya sangat memukau. Keunikan pada air terjun ini airnya tidak mengucur deras ke bawah layaknya air terjun pada umumnya. Aliran air di sini menyebar melalui undakan bebatuan sehingga lebih landai dan tidak curam. Airnya yang jernih karena dari sumber pegunungan menjadikan airnya sangat menyegarkan jika dibuat mandi atau bermain air. Bebatuan yang terkena aliran air ditumbuhi oleh lumut-lumut hijau. Perpaduan warna hitam dari batu, hijaunya lumut serta aliran air menjadikan panorama yang unik dan alami.

Dinamakan dengan Air Terjun Goa Rang Reng karena pada bagian atas air terjun yang merupakan hulu sungai terdapat sebuah gua yang dinamakan Goa Rang Reng. Untuk menuju goa tersebut, pengunjung dapat menyurusi bebatuan kering di sebelah kiri air terjun. Goa Rang Reng tersebut tembus ke belakang membentuk lubang yang dapat ditembus cahaya matahari.

Hulu sungai di sini biasanya dipakai oleh masyarakat untuk melakukan Melukat (membersihkan diri dari hal-hal negatif), sehingga lokasinya memang sangat di sakralkan oleh umat Hindu. Karena lokasinya merupakan tempat suci sehingga pengunjung yang datang harus menjaga sopan santun, berpakaian yang sopan, dan menjaga perilaku dan perkataan. Pengunjung wanita yang sedang haid, sebaiknya tidak masuk ke dalam Goa Rang Reng karena untuk menjaga kesucian lokasi ini.

Daya Tarik Air Terjun Goa Rang Reng

Air Terjun Goa Rang Reng Gianyar, sebaiknya tidak datang ketika musim hujan. Karena bisa dipastikan jalan yang dilalui akan becek karena masih berupa tanah asli dan belum disemen rapi. Jangan lupa membawa kamera karena pastinya foto-foto yang dihasilkan sangat cantik dan menarik. Sudah terdapat beberapa fasilitas yang dibangun meskipun masih sederhana karena memang keberadaan wisata ini baru dikenal khalayak ramai. Terdapat warung-warung makanan sederhana, tempat ganti serta lokasi parkir kendaraan. Meskipun akses dan fasilitas belum memadai, namun tak perlu diragukan lagi keindahan alam dan pesona Air Terjun Goa Rang Reng Gianyar.

Lokasi Air Terjun Goa Rang Reng

Air Terjun Goa Rang Reng ini berlokasi di Banjar Gitgit, Desa Bakbakan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, air terjun cantik ini dapat ditempuh dalam sekitar 31 kilometer perjalanan dari Denpasar. Jika dari Kota Gianyar hanya ditempuh dalam 3 kilometer perjalanan saja.

Rute Menuju Goa Rang Reng

Perjalanan dapat menggunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua. Setelah sampai di tempat parkir, pengunjung masih harus berjalan kaki menuruni jalan setapak yang masih berupa tanah. Tiket masuknya dikenakan 5 ribu rupiah per orang. Harga yang relatif murah untuk menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/air-terjun-goa-rang-reng-gianyar-wisata-alam-indah-terbaru-bali-001050.html
Comments
Loading...