Air Terjun Goa Luweng, Blitar

0 28

Air Terjun Goa Luweng

Blitar mempunyai banyak sekali tempat tempat yang unik dan menarik untuk dijelajahi. Selain dikenal sebagai kota pahlawan ,potensi alam kota Blitar juga boleh di bilang sangat bagus, terlihat dari beberapa pantai indah yang berjajaran di sepanjang Blitarselatan, air terjun yang memiliki keunikan tersendiri dan salah satunya yang kini mulai di perbincangkan akan keindahannya adalah Air Terjun Gua LuwengGoa Luweng  terletak di Dusun Prodo, Desa Ngrejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Goa Luweng ini menarik, sebuah goa dengan kedalaman sekitar 50 meter dengan lubang di bagian atas ini dialiri aliran sungai, dan aliran tersebut membentuk sebuah air terjun mini atau biasa disebut dengan jurug. Goa Luweng memiliki 2 pintu, dimana pintu pertama merupakan pintu masuknya air sehingga tampak seperti sebuah air terjun. Sedangkan untuk pintu yang kedua merupakan pintu keluarnya air. Kita bisa masuk dari pintu keluarnya air untuk bisa menikmati keindahan air terjun dalam Goa Luweng ini.

Air terjun ini sangat lah unik karena jarang terdapat sebuah air terjun yang terdapat di dalam gua yang memiliki luas yang tak terlalu lebar. Di dalam gua ini juga terdapat sebuah kolam alami yang terbentuk akibat air yang jatuh ke dalam gua membuat suasana gua ini semakin eksotis. Selain Goa Luweng, apabila turun sedikit, Anda akan mendapatkan pemandangan yang cukup keren, karena ada banyak sekali aliran air sungai yang membentuk seperti kumpulan air terjun.

Untuk bisa mencapai di titik paling bawah supaya bisa melihat air terjun secara keseluruhan,disini sudah disediakan tali panjang yang bisa Anda gunakan untuk turun melewati air terjun , tapi ini hanya bagi yang suka tantangan , namun jika ragu disisi air terjun sudah disediakan jalan setapak kecil serta beberapa pegangan dari tali tapi ingat anda harus selalu waspada karena jalan bisa saja licin. Karena tempat ini masih di kelola dengan swadaya masyarakat sekitar ,untuk retribusi masuk masih gratis hanya saja Anda wajib membayar  parkir motor Rp.5000/motor.

Selanjutnya Anda akan melanjutkan perjalanan sekitar 300 meter menuju air terjun melewati ladang tebu serta menyebrang anak sungai, jika musim kemarau air di sungai ini sangat bersih dan bening. Namun jika musim penghujan bisa saja aliran air sangat keruh kecoklatan tapi meskipun begitu tidak akan menghilangkan keeksotisan Gua Luweng ini. Karena tempat ini masih tergolong baru jadi fasilitas di sini masih seadanya, tapi pada bagian Goa ada sebagian yang dibangun untuk mempermudah pengunjung sampai ke dalam Goa Luweng ini.

Rute untuk menuju Goa Luweng caranya cukup mudah, karena lokasinya di daerah Bakung sebelum Monumen Trisula. Saat ini sudah terdapat banner petunjuk jalan menuju Goa Luweng . Apabila anda dari Kota Blitar, anda bisa menuju arah Kademangan kemudian mengikuti petunjuk arah menuju Pantai Tambakrejo. Sesampainya di perempatan gawang, belok kanan menuju Monumen Trisula. Ikuti terus jalan hingga anda menemukan banner menuju Goa Luweng dan berbeloklah ke kanan. Jalan menuju Goa Luweng cukup mudah dan dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-timur/air-terjun-goa-luweng-keeksotisan-air-terjun-dalam-goa-di-blitar-jawa-timur.html
Comments
Loading...