Air Terjun Gadih Ranti, Wisata Alam di Kabupaten Agam

0 14

Air Terjun Gadih Ranti

Air Terjun Gadih Ranti ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang mungkin agak asing di telinga masyarakat Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Padahal objek wisata berupa air terjun ini sebenarnya dapat disandingkan dengan objek-objek wisata alam yang sudah lebih dahulu populer seperti Ngarai Sianok, Danau Maninjau dan lain-lain.

Lokasi Air Terjun Gadih Ranti

Air Terjun Gadih Ranti terletak di perbatasan Jorong Dama Gadang dengan Jorong Arikia, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Berada 1,6 km dari Jalan Raya Lubukbasung – Maninjau, dan berdekatan dengan bendung irigasi Batang Antokan. Menuju lokasi air terjun ini harus melalui jalan Lubuk Sao – Arikia. Sepanjang 600 meter menuju lokasi masih jalan setapak.

Keindahan Air Terjun Gadih Ranti

Air terjun ini begitu berbeda dan begitu indah dibanding air terjun kebanyakan. Terdiri dari beberapa tingkat dan beberapa air terjun besar dan kecil yang terpisah-pisah dengan tebing hijau ditumbuhi tanaman rambat nan indah. Sehingga air yang terjun seolah terlihat menyebur dari tanaman-tanaman rambat tapi. Ketinggian air terjun sekitar 40 m. Air terjunnya juga tidak begitu deras, menambah keindahan dan kealamiannya serta menjadi daya tarik tersediri. Bagi pengunjung hal ini sudah tentu menggoda rasa ingin berenang dan bermain air. Di samping airnya yang jernih, bersih dan sejuk.

Sejarah Air Terjun Gadih Ranti

Terdapat pemandian Gadih Ranti di atas air terjun ini. Menurut mitos masyarakat setempat, pada masa dulunya terdapat seorang gadis bernama Gadih Ranti dengan paras menawan dan berambut panjang. Gadih Ranti selalu menjadikan tempat tersebut sebagai tempat pemandiannya. Ia juga diceritakan pernah memerintah di daerah tersebut. Selama masa pemerintahannya, Gadih Ranti banyak membangun istana, mesjid, dan berbagai prasasti. Legenda Gadih Ranti ini semakin menarik rasa penasaran bagi siapapun, baik untuk berekreasi maupun untuk mengetahui tentang sejarah putri sakti yang bernama Gadih Ranti tersebut.

Source https://aet.co.id https://aet.co.id/pariwisata/air-terjun-gadih-ranti-sang-permata-tersembunyi
Comments
Loading...