Air Terjun Dusun Kuning di Bangli, Bali

0 54

Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning Bali Air terjun yang satu ini menawarkan lokasi yang berada di dataran tinggi dengan suasana yang masih alami dan asri. Perlu diingat, untuk menuju ke tempat ini, Anda harus menyiapkan stamina ekstra. Air Terjun Dusun Kuning masih sangat alami dan belum tersentuh tangan manusia. Sehingga merupakan lokasi yang sangat cocok bagi  pencari ketenangan dan kedamaian jiwa. Suara guyuran air terjun, gemericik aliran air serta nyanyian burung-burung dapat menentramkan hati.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter ini memang belum begitu dikenal dikalangan wisatawan. Sehingga belum begitu banyak pengunjung yang datang. Namun demikian, lokasi ini patutlah direkomendasikan sebagai lokasi penghilang penat karena keindahan serta hijaunya alam yang ada di sekitar lokasi. Airnya yang berasal dari sumber air pegunungan menjadikan sangat dingin dan segar ketika dibuat mandi. Disarankan ketika datang ke Air Terjun Dusun Kuning mempersiapkan tenaga ekstra untuk perjalanan yang akan ditempuh terutama ketika berjalan kaki. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman secukupnya karena belum terdapat warung penjual makanan.

Lokasi Air Terjun Dusun Kuning

Air Terjun Dusun Kuning ini terletak di Dusun Kuning, Desa Taman Bali, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Suasananya di sini benar-benar akan membuat Anda betah dan ingin berlama-lama di sana. Jauh dari kesan ramai yang biasa dijumpai saat berada di pusat kota.

Rute Menuju Air Terjun Dusun Kuning

Jaraknya sekitar 38 kilometer jika ditempuh dari Denpasar dengan melalui rute jalan By Pass Ida Bagus Mantra. Perjalanan dilanjutkan hingga menemukan perempatan Siyut kemudian belok kiri menuju Jalan Raya Tulikup. Dari jalan ini perjalanan masih lanjut menuju Jalan Raya Taman Bali. Kemudian akan melewati pertigaan, ambil arah kanan sampai bertemu turunan tajam dan jembatan. Lurus saja di jalan itu hingga terdapat pertigaan lagi untuk mencari Dusun Kuning. Sudah banyak papan penunjuk arah, jadi tidak perlu khawatir tersesat.

Perjalanan dari Denpasar menuju Air Terjun Dusun Kuning memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. Sesampai di lokasi parkir, Anda dapat langsung berjalan kaki menuju lokasi. Tak ada loket maupun tiket masuk ke lokasi, yang ada hanya sebuah kotak untuk donasi seikhlasnya. Perjalanan dengan kaki inilah yang pastinya Anda tunggu, apalagi bagi pecinta trekking. Jalan setapak yang dilalui sekitar 500 meter ini berupa undak-undak yang masih berupa tanah dan bebatuan.

Jalan menurun merupakan trek yang sangat menantang untuk dilewati di sini. Bahkan ada beberapa jalan dengan turunan yang sangat tajam karena memiliki kemiringan hampir 80 derajat. Selain jalan yang sempit, kecil dan juga sedikit licin sehingga sangat perlu kehati-hatian ekstra ketika melewati rute ini. Namun, ketegangan selama dalam perjalanan tak terasa begitu menakutkan karena pemandangan alam yang terhampar sangatlah indah. Banyak pepohonan tinggi menjulang yang tumbuh di lokasi sehingga menambah kesejukan suasana.

Source https://www.kintamani.id https://www.kintamani.id/air-terjun-dusun-kuning-bali-wisata-alami-masih-asri-bangli-001062.html
Comments
Loading...