Air Terjun Di Tengah Air Panas Angseri, Tabanan

0 37

Air terjun yang berada di Banjar Munduk Lumbang, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Tabanan ini memiliki air yang hangat dan memiliki kandungan belerang sehingga nampak berwaran jingga. Anda hanya perlu menjangkau air terjun di daerah yang sejuk ini dalam waktu 15 menit jika anda sedang berada di bedugul atau 5 menit dari Jatiluwih.

Air terjun Angseri berada dikaki gunung Batukaru dengan ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Maka tak mengherankan jika pemandangan di sekitar air terjun ini begitu indah dan mempesona. Disepanjang perjalanan anda akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari sawah-sawah yang terbentang luas.

Apalagi air terjun ini terletak di tengah hutan bambu yang semakin menambah keindahan panorama di sekitarnya. Selain bambu terdapat pula pohon kelapa dan pakis disekitar lokasi. Sebuah pura kuno bernama Pura Puncak Tinggah di sebelah selatan air terjun tersebut.

  

Di samping air terjun Angseri terdapat obyek wisata air panas alami, yang juga bernama Angseri. Airnya berwarna jingga lantaran mengandung belerang. Dengan suhu air mencapai 48 derajat celcius dan debit airnya yang cukup besar, pemandian air panas ini baik untuk terapi atau pun mengobati berbagai penyakit kulit. Tak heran jika banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, datang ke pemandian ini sembari menikmati indahnya suasana alam.

Pada awalnya, wisata alam air panas Angseri merupakan pemandian tradisional. Masyarakat setempat, yang umumnya berprofesi sebagai petani, memiliki keinginan untuk megelola sumber air panas tersebut. Maka pada bulan Oktober 2007, dengan diprakarsai 6 perwakilan warga, pemandian tersebut dibangun dan mulai dibuka untuk umum. Kemudian, sebanyak 80 orang warga yang tergabung dalam kelompok Alam Angseri, mulai membentuk badan hukum CV. Kini masyarakat bisa mengambil manfaat positif dari kehadiran wisata air panas tersebut.

Berbagai failitas di pemandian air terjun tersebut meliputi satu kolam air panas terbuka untuk dewasa dan satu kolam air panas terbuka untuk anak-anak yang dilengkapi dengan perosotan dan ayunan. Jika anda menginginkan pemandian yang lebih tertutup, anda bisa menyewa bilik dengan harga Rp 10.000. Bilik tersebut cukup digunakan untuk lima orang sekaligus.

Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihannya. Karena bilik ini langsung dibersihkan begitu selesai digunakan. Tak hanya itu, airnya pun diganti. Pemandian di bilik ini juga dilengkapi dengan air panas bersuhu 46 derjat dengan kandungan belerang yang tinggi. Maka tak mengherankan jika air bernama nunas tamba tersebut dapat menyembuhkan penyakit.

Source http://www.anythingbali.com http://www.anythingbali.com/air-terjun-di-tengah-air-panas-angseri/
Comments
Loading...