Air Terjun Desa Muara Beliti Baru, Musi Rawas, Sumatera Selatan

0 44

Air Terjun Desa Muara Beliti Baru

Air terjun yang belum sempat dijadikan tempat wisata. Letaknya berada didaerah Beliti, Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Air Terjun ini masih belum dikenal banyak orang, begitupun penduduk setempat daerah air terjun tersebut.

Sebenarnya air terjun ini sudah ada sejak lama, dan warga sekitar pun sudah mengetahui. Hanya saja, beberapa warga sekitar masih ada yang belum sempat mengunjungi air terjun ini. Mungkin, bagi warga sekitar, pemandangan alam bukan menjadi kebutuhan khusus karena kehidupan sehari-hari mereka pun tak jauh berhubungan dengan alam. Jadi, jangan heran jika masih ada warga yang belum mengetahui detail jalan menuju air terjun tersebut.

  

Rata-rata mata pencaharian penduduk sekitar masih berhubungan dengan alam misalnya: berkebun, bertambang, termasuklah tambang batu. Jadi, jika kamu ingin bermain ke air terjun ini, kamu akan banyak menemukan gundukan batu yang sudah dipecah dan belum dipecahkan; hampir setiap rumah demikian. Nah, bagi teman-teman yang sangat ingin mencoba air terjun ini, pastikanlah kamu bertanya pada orang yang tepat. Ketika mereka ragu-ragu dalam menjelaskannya, ada lebih baik kamu bertanya lagi ke penduduk yang lainnya. Jika tidak, kamu akan tersesat di sana. Sebenarnya ga jadi masalah, asalkan masih ingat jalan pulang.

Tepatnya, setelah Mesjid Agung Darussalam Musi Rawas, terus saja menuju arah ke Lahat, 1,5km dari masjid tersebut kamu akan menemukan Jalan Air Terjun.  Lebih tepatnya lagi, setelah kantor Kepala Desa Muara Beliti Baru, di Jalan Air Terjun, Poros Jalan Lintas Sumatera. Nah, Jalan Air Terjun tersebut akan berada di kiri jalanmu, jika menempuh perjalanan dari Masjid Agung Darusslam Musi Rawas. Setelah kamu menemukan Jalan Air Terjun, coba lah cari rumah warga yang boleh menitipkan kendaraanmu. Karena pada dasarnya ini bukan tempat wisata, jadi tidak ada lahan parkir di sana.

Setelah memakirkan kendaraan, kamu tinggal jalan lurus, sampe mentok ketemu pemakaman warga. Kemudian belok kanan, nah disini kamu akan menemukan dua buah jembatan, jembatan pertama warna kuning dan, jembatan kedua merupakan jembatan kayu yang terlihat sudah lumayan lama. Kata warga sekitar, kedua jembatan ini bisa menuju ke air terjun tersebut, tapi saya sarankan ambillah jalan melalui jembatan kedua (jembatan kayu). Alasannya, kamu bisa lebih cepat tiba dilokasi dari pada jembatan kuning tersebut, ga perlu harus muter-muter.

Setelah kamu melewati jembatan kedua tersebut, ambillah jalan setapak yang berada disebelah kirimu. Nah, jika kamu bingung, coba tanyakan ke warga sekitar setelah jembatan tersebut. Sebenarnya, jika kamu sudah melewati jembatan tersebut suara air terjun sudah samar-samar terdengar. Jika kamu anak petualang asli, mungkin kamu bisa mengikuti instingmu dengan mendengar sumber suara tersebut. Pada dasarnya view air terjun tersebut masih tergolong biasa, dikarenakan tingginya yang tak terlalu tinggi dan panjangnya pun juga tak terlalu panjang. Yang menjadi kelebihan dari air terjun tersebut adalah nuansa dan suasananya masih benar-benar alami.

Source http://www.yandika7.com http://www.yandika7.com/2017/03/alaminya-ir-terjun-desa-muara-beliti.html
Comments
Loading...