Air Terjun Deku Watu Destinasi Wisata Baru

0 148

Tidak jauh dari air terjun Waikelo Sawah yang sudah dikenal luas masyarakat Sumba Barat Daya (SBD), terdapat sebuah lokasi air terjun yang walaupun kecil, namun sangat unik. Letaknya yang tersembunyi di tengah areal persawahan, menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, untuk menuju ke lokasi tersebut pengunjung harus menyusuri pematang sawah.

Dalam perjalanan, wisatawan bisa menikmati desiran air di selokan saluran irigasi, disertai aroma padi yang sedang menghijau memiliki nilai magis yang membawa kenyamanan dan kenikmatan tersendiri. Air terjun yang bernama Deku Watu tersebut terletak di Desa Tematana Kecamatan Wewewa Timur Kabupaten Sumba Barat Daya.

Di tengah-tengah kali, berdiri kokoh sebatang pohon yang sangat besar yang membuat air kali terbelah menjadi dua. Kedua aliran kali itu kemudian menjadi air terjun yang bertangga-tangga, sehinga walaupun tingginya tidak seberapa, hanya sekitar 3 meter, namun memiliki daya tarik yang luar biasa oleh keindahannya.

Sebelumnya tempat ini menjadi tempat bermain anak-anak. Selain itu masyarakat lokal selalu ke tempat tersebut untuk memancing. Namun demikian menurutnya baru mulai ramai sejak tahun 2017, karena dipromosi melalui media sosial, terutama sejak duta wisata Sumba Barat Daya mulai aktif mempromosikan Deku Watu sebagai destinasi wisata yang baru.

Hal lain yang tidak kalah pentingnnya dalam pengelolaan ekowisata Deku Watu menurut Lodowik, adanya peraturan desa yang menjadi payung hukum pengelolaan destinasi wisata, sekaligus menjadi dasar hukum dilakukannya pungutan di daerah wisata. Baih pungutan parkir, toilet umum dan lain sebagainya.

Hal ini penting untuk menjamin kenyamanan wisatwan, tetapi juga sebaliknya menjamin kenyamanan dan keselamatan pemerintah desa maupun BUMDesa sebagai pengelola ekowisata tersebut. 

Source https://timorexpress.fajar.co.id https://timorexpress.fajar.co.id/2018/04/11/air-terjun-deku-watu-destinasi-wisata-baru/
Comments
Loading...