Air Terjun Cuup Pesuk, Bengkulu Tengah

0 58

Air Terjun Cuup Pesuk

Air Terjun Cuup Pesuk ini merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Desa Penembang, Kecamatan Merigi Kelindang, Bengkulu Tengah. Untuk bisa mencapai lokasi air terjun alami ini anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Jarak Desa hanya 8 KM dari persimpangan yang terletak persis di samping kantor Camat Taba Penanjung, Bengkulu Tengah. Siapkan masker, karena saat ini separuh jalan sedang dalam perbaikan dan berdebu.

Anda cukup mengikuti jalan lurus saja dari persimpangan ini maka anda akan tiba di Desa Penembang. Patokan air terjunnya adalah sebuah jembatan kecil yang letaknya sebelum masjid desa ini, karena artinya anda hanya tinggal beberapa langkah lagi untuk tiba di air terjun. Jika sudah sampai, titiplah kendaraan di pekarangan warga sekitar. Jarak antara jembatan dan air terjun, hanya sekitar 300 meter dengan melewati pekarangan samping dan kolam ikan milik salah satu warga.

Jurnalis  yang mencoba sendiri perjalanan ini langsung terpukau begitu melihat batu batu besar yang ada di bawah air terjun. Sayangnya, sekarang musim panas, jadilah air terjunnya tak begitu deras dan airnya sedikit keruh. Tapi tetap nyaman untuk dinikmati. Tinggi air terjun ini sekitar 10 meter, disebut Cuup Pesuk oleh warga sekitar karena di belakang air terjun terdapat bolongan. Pesuk berarti bolong dalam Bahasa Rejang (salah satu suku di Bengkulu). Suasananya masih sangat alami, di pinggiran sungai dan antara sela batu banyak terdapat bambu yang hanyut dari hulu.

Berkunjung ke sini anda tidak perlu membawa makanan, sebab di sini ada warga sekitar yang menjual makanan. Atau bisa juga anda membeli cemilan di warung warga sebelum beranjak menuju air terjun. Tapi ingat jangan buang sampah di sini. Disarankan ke sini saat cuaca bagus, artinya bukan saat kemarau, karena air terjunnya deras dan jernih” ujar Sekretaris Desa Penembang, Manzen.

Ukuran batu batu yang besar di sini bisa dijadikan tempat duduk dan bersantai sambil menikmati pemandangan. Kondisi air sungai yang dangkal membuat anda dapat dengan mudah meloncat dari batu ke batu untuk mendekati air terjun tanpa melepas sepatu, seperti yang dilakukan jurnalis kupasbengkulu.com. Lagipula batu ini tidak licin. Merasakan kesejukan di sini rasanya jurnalnews.com akan kembali lagi kemari suatu hari nanti saat musim kemarau berlalu. Penasaran juga loh melihat Air Terjun Cuup Pesuk saat debit airnya tinggi, yang jelas weekend kali ini terpuaskan dengan mengunjungi salah satu dari sekian banyak keindahan ciptaan maha kuasa.

Source http://seputarbengklulu.blogspot.com http://seputarbengklulu.blogspot.com/2017/07/cuup-pesuk-air-terjun-pesona-penembang.html
Comments
Loading...