Air Terjun Curup Sukaemi, Wisata Alam di Lampung Utara

0 277

Curup Sukaemi 

Curup Sukaemi merupakan salah satu air terjun terindah di Lampung Utara. Air terjun Sukaemi berada di Dusun Sinarogan, Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara.  Lokasinya berjarak sekitar 42 km dari Kotabumi, Ibukota Kabupaten Lampung Utara. Untuk mencapai lokasi Air Terjun Curup Sukaemi, salah satu air terjun terindah di Lampung Utara ini, dibutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam dari Kota Bandar Lampung.

Aliran Air Terjun Curup Sukaemi ini bersumber dari sebuah sungai Way Gendot, yang memiliki aliran yang cukup deras.  Air terjun ini memancur dari ketinggian 80 meter jika diukur dari titik jatuhnya air di bagian bawah. Air terjun Sukaemi ini masih alami dan asri, berada di terngah-tengah perkebunan kopi warga, keindahannya sungguh mempesona, sehingga sebetulnya menyimpan potensi sebagai tempat tujuan wisata yang besar untuk dikembangkan bagi kesejahteraan masyarakat.

Untuk menuju lokasi air terjun Curup Sukaemi harus melewati jalan yang cukup terjal, beberapa titik bahkan memiliki sudut kemiringan 35 hingga 45 derajat.  Aksesibilitas jalan yang masih semi offroad itu memang cukup menantang bagi orang yang berjiwa petualang, namun tidak bagi mereka yang kurang menyukai petualangan. Sangat di sayangkan, sampai saat ini tempat wisata di Lampung Utara ini belum tersentuh oleh pemerintah daerah setempat.

Akses jalan menuju ke Air Terjun Sukaemi masih dalam kondisi sulit dilewati, dan fasilitas penunjang tempat wisata itu belum memadai, Dari pantauan di lapangan, akses jalan untuk menuju air terjun Curup Sukaemi yakni sepanjang 200 meter dari pemukiman warga menuju air terjun masih berupa tanah,sehingga ketika habis hujan, akses jalan tersebut menjadi sangat licin untuk dilalui.  Selain berakibat kurang nyaman pada wisatawan yang berkunjung, kondisi tersebut dapat membahayakan.

Source https://eloratour.wordpress.com https://eloratour.wordpress.com/2018/05/10/air-terjun-curup-sukaemi-salah-satu-air-terjun-terindah-di-lampung-utara/
Comments
Loading...