Coban Pelangi Wisata Alam di Malang

0 126

Coban Pelangi

Coban Pelangi ini menjadi destinasi wisata alam yang sangat terkenal dengan pelangi yang muncul di dasar coban ini. Pelangi di Coban Pelangi hanya akan muncul ketika sinar matahari menyinari coban ini. Biasanya terjadi sekitar antara jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Wisata alam Coban Pelangi adalah salah satu destinasi wisata di kota malang yang di kelola oleh Perum Perhutani KPH Malang. Wilayah Coban Pelangi ini berada di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TN BTS). Coban Pelangi malang ini berada di ketinggian  1300 Mdpl.

Rute Menuju Coban Pelangi

Coban Pelangi ini berada di Desa Gubuk Klakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak kurang lebih sekitar 30 kilometer dari pusat kota malang. Rute menuju Coban Pelangi dari kota Malang langsung menuju ke wilayah Tumpang, perjalanan diteruskan ke arah Desa Gubug Klakah. Diharapakan pengunjung berhari-hati karena medan jalan menanjak dan licin. Coban Pelangi berlokasi sebelum masuk persimpangan desa Jemplang, yaitu jalur untuk ke Gunung Semeru dan Gunung Bromo.

Setelah pengunjung melalui Desa Gubuk Klakah disebelah kanan jalan sudah terdapat papan bertulisan “Coban Pelangi”. Jika pengunjung telah sampai dilokasi parkir. Para pengunjung Coban Pelangi Malang harus berjalan kaki melewati jalan setapak dan juga menyeberangi jemabatan. Kira-kira pengunjung harus berjalan sekitar 1,5 KM dari lokasi parkir kendaraan. Waktu yang tepat untuk berwisata di Coban Pelangi adalah sekitar jam 9 sampai jam 3 sore. Karena saat itulah coban ini akan nampak pelangi dan pastikan ketika pergantian antara musim hujan dan kemarau. Ketika musim kemarau pengelola wisata sering menutup Coban Pelangi sekitar jam 16.00 untuk menghindari longsor dari atas coban.

Fasilitas Di Air Terjun Coban Pelangi

Fasilitas di Coban Pelangi. Ini dibuktikan dengan terawatnya beberapa gazebo di sekitar air terjun dan beberapa fasilitas pendukung lain. Kamar mandi dan mushola pun terawat dengan apik oleh pengelola wisata, warung-warung makan yang menyediakan jajanan dan air minum pun tertata dengan rapi. Disana juga terdapat area nunggang jaran atau naik kuda. Dengan membayar antara 25 ribu sampai 45 ribu pengunjung bisa mengelilingi area Coban Pelangi.

Bagi yang ingin camping di area Coban Pelangi, pengelola telah mempersiapkan area camping seluas hampir 8000 meter. Hanya saja pengelola Coban Pelangi akan bertindak tegas kepada para pengunjung yang merusak atau mengotori lingkungan disana. Harga tiket masukdi Coban Pelangi cukup murah, setiap pengunjung dikenai taris Rp.3.100,-/orang. Untuk tarif parkirpun tergolong wajar. Hanya membayar 5000 untuk roda 2 atau motor  dan Rp 10000 roda 4 untuk mobil.

Source http://piknikasik.com http://piknikasik.com/air-terjun-coban-pelangi-malang-air-terjun-menawan-di-kaki-bromo
Comments
Loading...