Air Terjun Cibereum, Wisata Alam Cianjur Jawa Barat

0 253

Air Terjun Cibereum 

Air Terjun Cibereum atau dalam bahasa sunda disebut Curug Cibeureum adalah salah satu wisata alam yang terletak di bawah kaki Gunung Gede Pangrongo sehingga masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jadi jika Anda yang hendak mendaki Gede Pangrango melalui jalur Cibodas pasti melalui jalur menuju Curug Cibeureum ini. Curug Cibereum ini adalah salah satu objek wisata alam favorit pengunjung wisata Cibodas. yang berada di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Keindahan Air Terjun Cibereum 

Selain keindahan Curug atau Air Terjun Cibeureum, selama perjalanan menuju ke lokasi Anda akan disuguhi berbagai pemandangan alam yang indah dan eksotis dengan jarak tempuh 2.7 Km dari pos tiket atau sekitar 45 menit – 1 jam dengan jalan santai. Medan yang menanjak dengan undakan bebatuan dikelilingi hutan yang lebat merupakan daya tarik tersendiri dari Curug Cibeureum ini. Jangan heran jika Anda menemukan pemandangan berbagai jenis burung dan kera yang bergelantungan. Ada juga telaga biru dan rawa panyangcangan yang bisa Anda nikmati keindahannya selama perjalanan. Serta jembatan panjang yang terbuat dari batu buatan yang sering menjadi salah satu tempat favorit berfoto ria atau selfie selama perjalanan ke Curug Cibeureum ini.

Harga Tiket Air Terjun Cibereum 

Cukup hanya dengan harga tiket Rp. 18.500/Orang, Anda dapat menikmati pemandangan Curug Cibereum serta menikmati indah dan segarnya alam pegunungan kaki Gunung Gede Pangrango. Untuk menuju Curug Cibeureum anda akan ditantang untuk menyusuri track pendakian Gede Pangrango. Jarak dari pos pertama (pos tiket) adalah 2,7 km dengan waktu tempuh normalnya sekitar 45menit -1 jam perjalanan. Tidak seperti dulu, dimana kondisi medan menuju curug adalah jalan setapak yang alami dengan kombinasi tanah dan bebatuaan yang jika hujan bisa sangat licin. Mulai dibenahi sekitar tahun 2004, kini jalan menuju curug berupa jalan berbatu yang disusun sedemikian rupa. Sehingga lebih nyaman untuk dilewati.

Akses Menuju Air Terjun Cibereum 

Mulai dari pos tiket, anda akan langsung disuguhi rimbunnya pepohonan yang menjulang tinggi. Pemandangan ini akan anda jumpai disepanjang jalan menuju Curug Cibeureum. Kiri-kanan jalan yang akan disusuri, anda akan dimanjakan dengan lebatnya pepohonan khas hutan hujan tropis. Sesekali anda dapat melihat beberapa satwa hujan yang kebetulan lewat atau sedang beraktivitas seperti tupai, monyet, lutung, burung, dan jika anda beruntung anda dapat melihat Cangehgar, ayam hutan yang sangat sulit dijumpai. Jika dalam perjalan anda mengalami kelelahan atau kaki pegal, setiap jarak 1 km terdapat selter untuk tempat beristirahat sejenak.

Source Jalan Wisata Wisata Cibondas
Comments
Loading...