Air Terjun Ceuraceu, Air Terjun Terpencil di Hutan Belantara Bireuen

0 75

Air Terjun Ceuraceu

Air Terjun Ceuraceu merupakan sebuah air terjun cantik yang memiliki beberapa tingkatan dengan gemericik air jernih dari pegunungan. Wisatawan bisa menikmati beberapa tingkatan ini mulai dari tingkat terbawah hingga tingkatan paling atas yang secara keseluruhan berjumlah 7. Pesona alam sekitar yang masih asri dan udara segarpun menjadi fenomena tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Air Terjun Ceuraceu ini berada pada Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, setidaknya wisatawan harus menempuh jarak sejauh 8 kilometer dari Jalan Banda Aceh-Medan. Sebenarnya, lokasi air terjun ini cukup dekat dari jalan raya tetapi karena medan yang sulit serta lokasinya tersembunyi menjadikan air terjun ini tak banyak diketahui.

Untuk menuju Air Terjun Ceuraceu ini memang diperlukan perjuangan ekstra. Dari Jalan Banda Aceh-Medan wisatawan bisa menuju ke bendungan. Memang mulanya jalan sudah diaspal dengan baik, namun dari bendungan tersebut petualangan sesungguhnya baru dimulai. Wisatawan akan dihadapkan dengan jalur yang masih berupa tanah dan berdebu ketika musim kemarau. Jalanan akan menjadi becek dan dipenuhi genangan air saat musim hujan tiba. Disisi kiri dan kanan pemandangan didominasi dengan hutan belantara yang dipenuhi dengan pepohonan hijau. Setelah melalui 3 kilometer perjalanan, jalur pun semakin sempit dan menjadi jalan setapak yang tak bisa dilalui oleh kendaraan. Terpaksa wisatawan pun harus berjalan kaki menuju ke lokasi Air Terjun Ceuraceu ini.

Fasilitas di Air Terjun Ceuraceu

Sayangnya fasilitas di Air Terjun Ceuraceu tak sebanding dengan keindahan yang ditawarkannya. Wisatawan dipastikan tidak dapat menemukan fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir aman atau mushola untuk beribadah. Hal ini cukup dimaklumi mengingat letak dari tempat wisata ini berada ditengah hutan belantara. Selain itu, juga masih belum ditemukan warung-warung yang berjualan disekitar lokasi air terjun. Wisatawan disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah atau membeli terlebih dahulu di kota.

Tak hanya itu, jalan menuju ke air terjun pun cukup ekstrim dan masih berupa tanah. Petunjuk arah pun sama sekali tak dijumpai, sehingga wisatawan bisa tersesat. Jika ingin bermalam, wisatawan bisa menginap di Bireuen. Terdapat beberapa hotel dan penginapan yang bisa disewa untuk bermalam. Berwisata di Air Terjun Ceuraceu bisa menjadi pilihan menarik dikala akhir pekan. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di tempat tersebut.

Keindahan Air Terjun Ceuraceu

Air Terjun Ceuraceu benar-benar akan memanjakan pandanganmu dengan pesonanya yang memukau. Jika kamu berkunjung di tempat wisata yang terletak di Bireuen ini, kamu bisa menikmati setiap tetes air yang jatuh mengenai bebatuan. Kamu juga bisa merasakan sensasi berdiri tepat dibawah air terjun, serta menikmati setiap deburan air yang membasahi tubuh. Selain itu, kamu juga bisa dengan leluasa bermain air, berenang dan mandi dikolam alami yang berisikan dengan air bersumber dari pegunungan. Tempat ini memang sangat cocok bagi kamu yang mendambakan sebuah  tempat wisata yang tenang dan tentram untuk refreshing.

Hunting Foto di Air Terjun Ceuraceu

Keindahan dari Air Terjun Ceuraceu memang sangat sayang jika tak diabadikan dengan kamera. Kamu bisa memotret pemandangan alami disekitar air terjun, atau juga memotret di tingkatan-tingkatan lain air terjun. Semuanya cukup bagus untuk kamu potret menjadi sebuah karya fotografi landscape. Selain itu, jangan lupa juga untuk berfoto selfie bersama teman-teman ketika berada di air terjun. Kamu bisa menggunakan air terjun sebagai background berfoto, atau duduk dibebatuan sungai yang ada disekitar air terjun. Namun selalu waspadalah, karena bebatuan yang licin sehingga bisa membuatmu terpeleset dan jatuh ke sungai.

Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Air-Terjun-Ceuraceu
Comments
Loading...