Air Terjun Bidadari, Wisata Alam di Lahat Sumsel

0 22

Air Terjun Bidadari 

Air Terjun Bidadari berada di Desa Karang Dalam, Kecamatan Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Kira-kira berjarak 231 km dari kota Palembang. Air terjun ini juga memiliki nama lain Air Terjun Ayek Asam yang sering disebut oleh masyarakat setempat. Air yang mengalir di air terjun ini bermuara ke Sungai Lematang. Air terjun ini adalah air terjun tertinggi di aliran Sungai Asam, ketinggiannya adalah sekitar 30 meter dan lebar atasnya sekitar 10 meter serta lebar bawahnya sekitar 15 meter. Dinamakan Air Terjun Bidadari karena konon katanya air terjun ini tempat mandi para bidadari. Terlepas dari sejarah nama itu, air terjun ini cukup indah dan menarik.

Di sekitar air terjun ini terdapat tiga air terjun yang dapat dinikmati sambil menyusuri pesona Air Terjun Bidadari. Air terjun tersebut diantaranya Air Terjun Bujang Gadis dengan ketinggian 4 meter, berjarak sekitar 30 meter di bawah Air Terjun Bidadari ini, kemudian di bawah air terjun Bujang Gadis terdapat Air terjun Sumbing sekitar 80 meter dari air terjun Bujang Gadis dengan ketinggian sekitar 35 meter. Lalu di bawah air terjun Sumbing terdapat pula air terjun Naga. Bagian air terjun paling bawah ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dengan jarak sekitar 50 meter dari air terjun Sumbing.

Air Terjun Bidadari ini memiliki daya tarik tersendiri untuk menarik pengunjung. Selain dapat menikmati pemandangan alam yang indah, Anda juga dapat menyegarkan badan dengan berenang di danau yang ada di bawah air terjun. Di sekitar danau terdapat batu koral yang berjejer secara alami yang terlihat sangat indah.  Suara air terjun yang mengalir akan memberikan suasana yang menyejukkan hati. Apalagi suara tersebut diiringi dengan suara alam yang masih asri sehingga tempat ini menjadi pilihan yang ideal untuk menenangkan diri dan melepaskan pikiran yang penat setelah lelah beraktivitas.

Karena pesonanya yang indah, Air Terjun Bidadari sering disebut bidadari-nya Sumatera Selatan, dan pernah dibuat menjadi tempat syuting film. Anda bisa melakukan foto selfie sepuasnya dan tentunya akan menjadi satu kenangan indah berfoto di salah satu destinasi wisata kebanggaan Sumatera Selatan ini. Untuk waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Bidadari ini adalah pada saat musim panas, dikarenakan bila saat musim hujan keindahan air terjun bisa tertutupi kabut dan debit air akan semakin deras. Satu hal yang perlu diperhatikan oleh pengunjung yakni tidak adanya warung makan, sehingga harus membawa persediaan makanan sebelumnya dan jangan membuang sampah sembarangan.

Air terjun ini berjarak kurang lebih 16 km dari kota Lahat atau 231 km dari kota Palembang. Jalan untuk menuju ke lokasi Air Terjun Bidadari sudah cukup bagus, dan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil ataupun motor dengan kondisi jalan yang sudah beraspal. Ketika sudah sampai di Desa Karang Dalam perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang disuguhkan berupa perkebunan kopi dan karet milik warga setempat. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari Desa Karang Dalam ke lokasi air terjun kira-kira sekitar 45 menit. Anda tidak perlu takut untuk tersesat karena masyarakat setempat akan menjadi pemandu wisata yang sangat baik untuk anda.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-selatan/air-terjun-bidadari-eksotika-wisata-sumatera-selatan.html
Comments
Loading...