Air Terjun Betala, Wisata Alam di Deli Serdang

0 36

Air Terjun Betala

Air Terjun Betala merupakan salah satu wisata alam yang berada di Deli Serdang, Sumatera Utara – Air Terjun Betala atau Pemandian Alam Pantai Sari Laba Biru Indah merupakan salah satu destinasi wisata di kabupaten Deli Serdang, Sumut. Air terjun ini berada di Desa Sari Laba, kecamatan Biru-biru. Untuk menuju ke lokasi air terjun ini kita bisa memilih beberapa rute, salah satunya via Deli Tua. Medan yang akan ditempuh memang cukup bagus karena akses jalan yang sudah di aspal, namun untuk beberapa titik kita perlu berhati-hati karena jalannya sedikit berlubang, mungkin karena banyaknya alat berat yang melintasi daerah tersebut.
Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi air terjun sekitar 90 menit dari kota Simpang Pos, Medan. Di sepanjang perjalanan kita akan melewati beberapa jembatan, tempat pemandian alam, dan kolam pancing. Hal tersebut dikarenakan kecamatan Sibiru-biru memang cukup terkenal dengan wisata air. Biaya masuk ke air terjun ini sangat murah karena langsung masuk ke kas negara berupa pajak daerah alias tanpa biaya tambahan dari pihak pengelola. Kita hanya perlu membayar Rp. 3000 / orang.
Pengelola memperoleh pendapatan dari makanan dan minuman yang disediakan seperti menu warung di desa pada umumnya. Pengelola juga menyediakan tempat peristirahatan berupa pondok yang disewakan bagi para pengunjung.  Kesederhanaan dan kealamian tempat inilah yang menjadi daya tariknya dan sangat cocok dikunjungi oleh pengunjung yang lelah dengan hiruk pikuk perkotaan, terlebih bagi pengunjung yang membutuhkan wisata murah. Lokasi air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan sejuk layaknya di tengah hutan. Tapi kita tidak perlu takut lelah atau khawatir akan berjalan kaki karena lokasi parkir yang sangat dekat dengan air terjun.
Air terjun betala ini jatuh dari ketinggian sekitar 15 meter dengan arus yang cukup deras karena debit air yang banyak. Namun pengunjung tidak perlu khawatir karna muara dari air terjun ini tidak terlalu luas dan tepinya tidak dalam apalagi pada musim kemarau. Bebatuan yang besar dan cukup banyak menambah keindahan air terjun ini layaknya sungai yang jernih. Tempat ini juga bersih dari sampah karena dikelola dengan baik sehingga tidak akan mengecewakan pengunjungnya. Untuk mengobati rasa penasaran pembaca, sebaiknya tidak perlu menunggu waktu yang lama lagi untuk segera mengunjungi wisata alam seindah ini.
Source http://wisatakemanaaja.blogspot.com http://wisatakemanaaja.blogspot.com/2015/10/air-terjun-betala-di-deli-serdang.html
Comments
Loading...