Air Terjun Batu Mentas, Wisata Alam Kota Belitung

0 19

Air Terjun Batu Mentas

Air Terjun Batu Mentas merupakan salah satu destinasi wisata aloam yang terletak ± 20 KM dari pusat kota, Tanjungpandan. Tepatnya di Dusun Kelekak Datuk, Kecamatan Badau. Kawasan ini menurut informasi dari penduduk setempat lebih dikenal dengan nama Batu Mentas, hal ini dikarenakan tidak hanya air terjun nya saja yang menjadi andalan wisata di tempat ini, tetapi terdapat juga tempat konservasi satwa dan flora endemic, yang merupakan ciri khas dari Pulau Belitung. Seperti rusa dan Pelanduk, serta tanaman Tarsius SP, atau tanaman kantung Semar dapat anda jumpai di kawasan ini dengan beraneka macam jenis. Kawasan ini masih termasuk kawasan hutan yang dilindungi oleh Negara, sehingga keutuhan dan keasrian kawasan ini masih sangat terjaga.

  

Untuk memasuki kawasan ini, kita harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari pintu kawasan Batu Mentas. untuk mencapai lokasi air terjun batu mentas, pemandangan alam yang masih asri, udara yang sejuk, keteduhan pepohonan merupakan keindahan yang di hadirkan oleh tempat wisata ini, membuat suasana serasa kita benar benar menyatu dengan alam, sebelum mencapai lokasi air terjun kita disuguhkan berbagai macam jenis tanaman Tarsius SP atau Tanaman Kantung Semar yang menurut informasi dari penjaga yang ada dilokasi, sebagian jenis tanaman tersebut hanya ada dan tumbuh di hutan Pulau Belitung. Sesampainya di air terjun anda akan menemukan air terjun dengan aliran air nya mengalir sangat jernih kesungai yang ada di bawahnya, sehingga kita bisa melihat ikan jenis air tawar dengan jelas didalamnya.

Sebenarnya kalo di kategorikan air terjun, air batu mentas bukan lah termasuk kategori air terjun, namun dikarenakan banyak nya batu batuan granit yang bertumpuk tumpuk secara acak yang menjadi landasan air sehingga membentuk air terjun. Sungai yang ada di aliran air terjun ini bisa di gunakan untuk berenang, dengan arus air yang tenang dan tidak terlalu dalam, ± 1 s/ d 1,5 Meter, anda bisa mengajak anak anak ikut berenang, hanya saja jangan terlalu lama berenang di kawasan ini, karena air sungai nya sangat dingin, hal ini dikarenakan sumber air nya berasal dari air pegunungan yang berada tidak jauh dari kawasan ini.

Untuk menuju kawasan Air terjun Batu Mentas ini dari pusat kota Tanjungpandan dapat ditempuh dengan waktu ± 1jam. kita bisa merental / menyewa mobil yang banyak disewakan di hotel, maupun penginapan yang ada di kota Tanjungpandan. Dengan harga berkisar Rp.350.000,- dengan sopir, atau Rp. 250.000,- tanpa sopir per 24 jam. Untuk retribusi biaya masuk kawasan ini, biasa nya hanya ditarik pada saat weekend atau hari libur saja, yaitu Rp. 5.000,-/ org. sedangkan pada hari biasa, kawasan ini tidak dijaga, sehingga tidak ada penarikan biaya retribusi nya.

Source http://www.belitunginfo.com http://www.belitunginfo.com/berita/air-terjun-batu-mentas/http://www.belitunginfo.com/berita/air-terjun-batu-mentas/
Comments
Loading...