Air Terjun Batu Lapis : Destinasi Wisata Alam Baru di Kaliorang

0 179

Air Terjun Batu Lapis

Kutai Timur yang cukup luas, ternyata memiliki banyak lokasi wisata yang tersembunyi dan belum banyak diketahui masyarakat luas. Jika potensi wisata tersebut dieksplore, bukan tidak mungkin banyak yang berminat dan berkunjung ke sana.

Lokasinya tidak jauh dari poros jalan utama, sekitar satu kilometer dengan menyusuri jalan setapak menurun. Pemandangan kanan-kiri masih sangat asri tapi harus tetap berhati-hati karena terdapat semak belukar berduri di sepanjang jalan.

Salah satunya adalah air terjun Batu Lapis di kecamatan Kaliorang, kabupaten Kutai Timur.

Meski sudah melakukan perjalanan relatif jauh, namun setelah sampai ke lokasi air terjun, akan terbayarkan, lantaran pemandangan di bawah tebing mengalir sungai dengan bebatuan eksotis dan airnya luar biasa jernih serta sejuk.  Jika diminum, rasanya hampir sama seperti air mineral yang dijual di pasaran. Dalam kondisi cuaca panas, rasanya tergoda untuk terjun mandi dan berenang.

Jika ada mitos dan cerita di kawasan itu terkesan angker dan seram hanyalah serita rekayasa belaka. Jika masyarakat ingin berkunjung ke sana ada larangan dan imbauan untuk tidak dilakukan. Antara lain, menjaga sikap, kebersihan, tidak boleh merusak dan mencoret tebing dan bebatuan, tidak boleh membakar terasi dan ikan kering,” tutur Udin.

Masyarakat disarankan tidak ke sana saat cuaca hujan panas. Semua larangan tersebut, demi menjaga kearifan lokal. Selain itu, saat hujan dan pada waktru senja, masyarakat juga tidak diperbolehkan ke lokasi air terjun. Sebab, pada waktu tersebut sering terjadi kabut turun. Semua itu untuk keselamatan pengunjung guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Yang perlu diingat, jika ingin ke air terjun Batu Lapis ini, diharapkan meminta izin kepada Ketua RT setempat untuk memandu ke lokasi. Dengan kondisi jalan setapak seperti itu, sangat diperlukan bagi yang belum pernah harus ada pendampingi, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Kami ingin masyarakat yang ke sana tetap aman serta ikut membantu mempromosikan sebagai tempat wisata alam yang aman dan asri serta nyaman,” kata Asri.

Source https://kutaitimur.merdeka.com https://kutaitimur.merdeka.com/pariwisata/air-terjun-batu-lapis-destinasi-wisata-alam-baru-di-kaliorang-170420u.html
Comments
Loading...