Air Terjun Batang Ogan, Wisata Alam di Kuantan Singingi

0 17

Air Terjun Batang Ogan

Air Terjun Batang Ogan (Tangogan) terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kec. Hulu Kuantan, Kab. Kuantan Singingi, Riau. Air Terjun Batang Ogan sering disebut juga Ngarai Tangogan, karena memang air terjun tersebut terletak diantara ngarai atau bebatuan tinggi. Nah, untuk menuju ke air terjun tangogan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak kurang lebih 1 jam perjalanan dari Kota Teluk Kuantan (ibukota Kab. Kuansing).

Akses Menuju Air Terjun Batang Ogan

Air terjun ini memang baru-baru ini dibuka untuk umum. Menurut masyarakat setempat, sebenarnya sudah sejak lama air terjun ini ditemukan. Hanya saja karena alasan keselamatan, akses yang sulit sehingga membuat air terjun ini belum dapat diakses oleh publik. Awal tahun 2016 ini air terjun ini baru mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Menurut masyarakat setempat pula, dulu akses ke air terjun tersebut sangat-sangat sulit.
Sesampainya disana, berhubung pagi itu habis hujan, maka jalan sedikit licin. Jalan tanah masih harus ditempuh sekitar 300 meter. Sempat terjatuh di dekat jalan penurunan yang licin, tapi ya bangkit lagi dong. Nah, tak jauh dari situ akan ada lagi petunjuk arahnya.
Disinilah kita harus memarkirkan kendaraan, karena susah kalau mau masuk dengan kendaraan. Kalau pakai tracker mungkin bisa. Lalu kemudian dilanjut dengan berjalan kaki, memasuki kebun karet milik warga sekitar. Jalannya becek dan licin. Ternyata gak cuma sampai disitu, lepas dari kebun karet tersebut kami harus menyeberangi sungai kecil. Sungainya bagus loh, airnya bersih dan jernih, sejuk. Setelah turun ke sungai, kami harus naik tangga lagi, karena air terjunnya ada disebelah bukit kecil tersebut.

Keindahan Air Terjun Batang Ogan

Sesampainya di atas, kita akan disuguhi tempat seperti kolam renang alami yang airnya langsung menuju air terjun tersebut. Ngarai yang tinggi mengelilingi air terjun tersebut. Kalian bisa liat fotonya dibawah ini. Itu, air terjun, gak tinggi sih, tapi keren. Kalau bisa berenang, bisa langsung loncat dari bebatuan dibawah itu dan langsung terlihat air terjunnya. Nah, kalau gak bisa berenang atau takut loncat dari batu yang tinggi, ada alternatif lain. Kita bisa turun lewat jalan yang satu lagi, tapi harus lewati medan yang cukup sulit.
Tidak ada tangga untuk turun kebawah, hanya ada akar-akar batang yang membantu berpegangan disaat turun pada jalan yang sedikit terjal. Jadi, jangan coba-coba pagai higheels kesini ya. hihi.
 Di kolam alami paling bawah ini ada akar pohon yang bisa digunakan untuk bergelantungan seperti Tarzan dan lalu terjun ke air. Ada juga tali yang di rentangkan dari kiri ke kanan ngarai, bisa juga untuk memacu adrenalin. Keren deh. Nah, kalau dari kolam ini kita terus berenang melalui lorong yang sedikit menyempit, disebelah sana kita akan lihat air terjun yang ditemui pertama tadi. Keren.
Source http://www.mungkinblog.com http://www.mungkinblog.com/2016/10/ngetrip-ke-air-terjun-batang-ogan.html
Comments
Loading...