Air Terjun Barania Sinjai

0 88

Air Terjun Barania

Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan sudah tersohor dengan keindahan alamnya. Pegunungan dan air terjun adalah destinasi andalan kabupaten berjuluk Bumi Panrita Kitta ini. Sederet lokasi wisata telah dikembangkan dan tersebar di hampir semua penjuru Sinjai. Tapi, hanya sedikit yang tahu jika di wilayah Barat Sinjai, ada sebuah air terjun yang layak dijadikan tujuan wisata.

Lokasi yang hampir berbatasan dengan Kabupaten Gowa ini menawarkan surga alam menakjubkan. Warga setempat menyebut destinasi tersembunyi ini sebagai Air Terjun Barania yang artinya pemberani.  Nama itu tak lepas dari lokasi air terjun yang berada di Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat. Kepala desa setempat, Firman mengatakan, lokasi tersebut dulunya dijadikan sebagai tempat eksekusi pemberontak di zaman penjajahan.

Karena tinggi air terjun ini mencapai 60 meter, dipastikan siapa pun yang didorong ke bawah tak akan bertahan hidup. Berkunjung ke wilayah ini tak akan rugi. Sebab, bukan hanya air terjun yang akan dinikmati. Letaknya di kaki Gunung Bawakaraeng membuat mata akan dimanjakan dengan deretan keindahan pegunungan dan pohon pinus di sekitarnya.

Entah siapa yang pertama kali menemukan lokasi ini, karena sebelum saya di daerah ini, lokasi ini sudah dikenal masyarakat. Pengunjung sudah mulai banyak berdatangan, khususnya di hari minggu,” katanya. Untuk menikmati suguhan alam dari lokasi ini. Pengunjung harus melewati jarak 60 kilometer dan menempuh perjalanan sekira satu jam lamanya. Namun, bagi Anda yang menempuh perjalanan dari Makassar akan lebih dekat.

Mencapai daerah ini bisa melalui Jalur Malino Kabupaten Gowa dengan waktu tempih hanya setengah jam. Daerah ini masih tergolong alami. Bahkan, belum ada fasilitas yang disiapkan dari pemerintah setempat. Jika Anda ingin berkunjung ke daerah ini, patut mempersiapkan segala sesuatunya.

Keindahan alam dan juga potensi wisatawan yang besar membuat Dinas Pariwisata Sinjai mulai melirik Air Terjun Barania. Rencananya, Pemkab Sinjai akan mengambangkan objek wisata ini karena panoramanya yang cantik. Hal itu ditunjukkan saat Kepala Bagian Promosi Dinas Pariwisata Kabupaten Sinjai Andi Mandasini menyempatkan mengunjungi.

Source http://travel.rakyatku.com http://travel.rakyatku.com/read/36786/2017/01/29/surga-alam-tersembunyi-di-barat-sinjai
Comments
Loading...