Wisata Air Terjun Bajuin Kalimantan Selatan

0 74

Air Terjun Bajuin

Air terjun Bajuin ini terletak di kawasan lereng pegunungan Meratus.
Tak Jauh dari air terjun ini terdapat wisata Goa Marmer dengan waktu tempuh perjalanan kaki sekitar ± 30 menit.  Goa ini memiliki keunikan karena dinding goa banyak terdapat batu marmer yang biasa di gunakan untuk ubin rumah dan bentuk atas goa seperti kubah masjid, di dalam goa juga terdapat kehidupan binatang malam yakni Kelelawar. Dikawasan ini  ada 4 buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda.  Air terjun I (terdekat) 25 meter, II setinggi 17 meter, III (37 meter), dan IV (18 meter). Lokasi Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sei (Sungai) Bakar, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Propinsi Kalimantan Selatan.

Cara menuju ke Air Terjun Bajuin

Berjarak sekitar ± 10 km dari Kota Pelaihari (2,5 jam waktu perjalanan), atau sekitar 75 km dari Kota Banjarmasin.  Kondisi jalan menuju air terjun ini beraspal (samapai desa Sei Bakar) dan ada juga jalan setapaknya.  Sepanjang jalan tersebut  banyak terdapat perbukitan besar mirip gunung. Warnanya yang hijau terlihat cantik berpadu dengan menguningnya persawahan disekitarnya.

Dari kota Banjarmasin sebelum memasuki Kota Pelaihari akan dijumpai Bundaran Angsa.  Ambil jalan ke kiri lalu lurus saja hingga simpang 3.  Selanjutnya ambil jalan yang lurus saja (tiap persimpangan ada aja papan petunjuknya) hingga desa Sei Bakar.

Tepat sebelum masuk kawasan Air Terjun Bajuin, ada simpang 2.  Jika ke kiri ke Air Terjun Bajuin sedangkan ke kanan menuju Wisata Alam Goa Marmer.

Dari pintu gerbang dilanjutkan berjalan kaki mendaki melalui anak tangga yang sudah ada hingga tiba di air terjun.  Waktu tempuh sekitar 39 menit. Fasilitas yang tersedia  antara lain parkir mobil yang luas dan loket karcis.

Source Air Terjun
Comments
Loading...