Warning: unlink(/tmp/d620d2e1fed11ddf30383e95ad5ba89a-TcZR9Y.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Air Terjun Bah Biak, Keindahan Alam Pematang Siantar

0 78

Air Terjun Bah Biak

Air Terjun Bah Biak ini berada di Kecamatan Sidamanik, Simalungun, Pematang Siantar, Sumatera Utara. Setelah usai menyusuri pemandangan kebun teh, wisatawan tidak boleh melewatkan pemandangan Air Terjun Bak Biak, yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari kebun teh Bah Butong. Raini S, pengurus di sana mengatakan, setiap hari lokasi tersebut dikunjungi puluhan orang. Khusus Sabtu dan Minggu dan pada hari merah, pengunjung makin ramai.

 

Sejauh ini, pengelolaan masih dilakukan oleh warga sekitar, sehingga belum terlalu terekspos. “Mungkin karena berada di tengah kebun teh, dan tidak ada akses jalan yang beraspal, wisatawan kesulitan untuk mencapai Air Terjun Bah Biak,” katanya. Menurut Raini, wisatawan bisa berjalan atau mengendarai sepeda motor. Mobil, becak apalagi bus tidak bisa lewat. Sebab, akses menuju Air Terjun Bah Biak melewati bukit dan gundukan tanah, tidak ada jalan yang diaspal, sehingga wisatawan ekstra hati-hati menaiki sepeda motor.

Air terjun dikelilingi pepohonan dan tanaman kopi hingga teh. Melihat potensi air terjun tersebut, wisata Sidamanik akan semakin terangkat, dan Kota Pematang Siantar bukan lagi hanya menjadi kota lintasan dari kota Medan ke kota lain untuk wisata, melainkan akan menjadi kota tujuan wisata.

Akses menuju Air Terjun Bah Biak di Pematang Siantar, Sumatera Utara, ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Nova, pengunjung, menuturkan kegiatan wisata di Air Terjun Bah Biak memiliki kelebihan berada di tengah kebun teh, sehingga menambah pemandangan indah sekitar air terjun.

Source https://travel.kompas.com https://travel.kompas.com/read/2015/07/08/121700427/Air.Terjun.Bah.Biak.Keindahan.Alam.Pematang.Siantar.yang.Masih.Asri
Comments
Loading...