Air Terjun Ayus, Destinasi Wisata Favorit di Sulteng

0 49

Air Terjun Ayus

Keindahan wisata air terjun Ayus di Kelurahan Hanga-hanga, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit yang banyak dipuji oleh para wisatawan lokal hingga turis mancanegara. Tempat ini memang memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata unggulan.
Jalur di tebing sangat tinggi dan berbahaya bagi mereka yang memiliki gangguan jantung,” katanya. Air terjun Ayus dapat ditempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Luwuk, dengan menggunakan kendaraan bermotor, lalu perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri tebing sungai, sekira 10 menit untuk tiba di air terjun. Hawa dingin air terjun Ayus akan menyambut setiap pengunjung yang datang.
Warga setempat, Agus Sandagang mengungkapkan air terjun itu diberi nama Ayus, karena dahulu kala wilayah tersebut didiami oleh suku Saluan Loinang dan nama perkampungannya adalah Ayus. Meskipun demikian,  warga setempat lebih akrab menyebutnya air terjun Laumarang. Agus menjelaskan, Laumarang merupakan nama pemilik lahan dimana terdapat air terjun indah ini. “Pengunjung menyebutnya air terjun Laumarang, sesuai nama pemilik lahan pertama. Tapi nama aslinya adalah air terjun Ayus. Untuk data dan sejarahnya ada,” ujar Agus.
Source https://citypost.id https://citypost.id/17046-berita-air-terjun-ayus-destinasi-wisata-favorit-di-sulteng
Comments
Loading...