Air Terjun Antogan Wisata Alam di Banyuwangi

0 100

Air Terjun Antogan

Air Terjun Antogan merupakan salah satu wisata alam yang  terletak di Dusun Krajan, Kecamatan Kabat, Banyuwangi. Air terjun di kawasan ini berasal dari mata air Longon di Kaki Gunung Raung. Selain air terjun, di kawasan ini juga terdapat tempat pemandian Antogan Indah yang dapat menjadi alternatif bagi pengunjung sehabis menikmati sejuknya Air Terjun Antogan. Alat transportasi yang bisa digunakan menuju lokasi adalah mobil dan motor. Tiket masuk Rp. 1.500,00 suhu udara rata-rata 22’C-24’C fasilitas yang tersedia shelter, mck dan kolam renang. Kapasitas pengunjung 2.000 orang.

Antogan berasal dari kata “pesantogan” yang artinya tempat berkumpul/bertemunya pasangan. Jadi dahulu antogan adalah tempat berkumpulnya para pejuang rakyat banyuwangi melawan penjajah Belanda. Mudah dimengerti mengapa Antogan menjadi tempat persembunyian, mengingat banyak terdapat lorong persembunyian yang berada di antara batu-batu besar yang mengelilingi Air Terjun Antogan. Selain itu Antogan juga dikenal sebagai tempat bertapanya Mbah Rembug alias Rempeg alias Pangeran Jogo Pati. Di sisi air terjun terdapat gua yang konon merupakan jalur menuju pantai laut selatan. Air Terjun Antogan Pesona dipercaya sebagai pemandian keramat.

Kalau sepasang kekasih datang dan mandi di air terjun tersebut, maka dipercaya akan menjadi pasangan sampai tua. Air Terjun yang memiliki ketinggian sekitar enam meter tersebut berasal dari Sungai Longon. Tempat wisata yang berada di tanah seluas 5 hektare tersebut dibangun pada tahun 1986. Sejak dibangun secara swadaya oleh masyarakat sekitar pada tahun 1986, Wisata Air Terjun Antogan memang cukup digandrungi warga. Kejernihan air dan lokasi yang masih alami dan tenang, menjadi daya tarik tersendiri bagi warga untuk berkunjung. Selain itu, warga sekitar yang membangun tempat tersebut menyediakan beberapa fasilitas untuk makan seperti contoh warung warung yang berdiri secara berpencar di sepanjang aliran sungai.

Source http://younggenerasi-emas.blogspot.co.id http://younggenerasi-emas.blogspot.co.id/2016/07/pemandian-antogan-pesona-kabat.html
Comments
Loading...