Air Terjun Anglo, Wisata Alam di Pesawaran

0 106
Air Terjun Anglo atau Air Terjun Kaliawi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang berada di Desa Gunung Rejo Pesawaran. Tidak ada habis-habisnya menjelajah tempat wisata di Kabupaten Pesawaran Lampung. Air Terjun ini memang memiliki tiga nama, yang semuanya tidak ada salahnya. Dinamakan Air Terjun Anglo, karena menurut cerita, air terjun ini terletak di Desa Anglo. Desa Anglo adalah nama Desa tinggalan pemberian jaman kolonial Belanda. Dinamakan Air Terjun Kaliawi, karena air terjun cantik ini memang terletak di Dusun Kaliawi, sehingga diberi nama sesuai nama dusunnya, seperti Air Terjun Sinar Tiga di Dusun Sinar Tiga.
Dinamakan Air Terjun Gunung Rejo, karena air terjun ini terletak di Desa Gunung Rejo, sehingga orang-orang pun mengenalnya juga dengan nama Air Terjun Gunung Rejo. Alhasil, mau Air Terjun Anglo, Air Terjun Kaliawi, ataupun Air Terjun Gunung Rejo, masyarakat sekitar sudah familiar dengan ketiga nama tersebut dan saat kita bertanya pada masyarakat setempat, mereka pun langsung tahu air terjun yang dimaksud. Air Terjun Anglo merupakan destinasi wisata yang baru resmi dibuka pada akhir tahun 2016 lalu dan dibentuk dari swadaya masyarakat setempat. Air terjun Anglo ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gunung Rejo, seperti Dam Margo Tirto di Gisting Bawah yang dikelola oleh BUMDes.

Lokasi Air Terjun Anglo

Air Terjun Anglo atau Air Terjun Kaliawi merupakan tempat wisata di Kabupaten Pesawaran yang terletak di Dusun Kaliawi, Desa Gunungrejo, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Air Terjun Anglo adalah destinasi wisata unggulan yang ada di Desa Gunung Rejo, Way Ratai, Pesawaran. Rute Menuju Air Terjun Anglo, dapat kita tempuh dari Bandar Lampung menuju Pantai Duta Wisata, Panta Queen Artha, Pantai MutunPantai Sari Ringgung, Dermaga Ketapang, Pantai Klara, Pantai Batu Mandi, Yonif 9 Marinir, Polsek Padang Cermin, dan lurus terus melewati Jalan Way Ratai sampai ketemu pertigaan.

Di pertigaan ini, jika ke kiri, kita akan menuju Teluk Kiluan Tanggamus/Punduh Pidada/Piabung/Marines Eco Park, dan kalau ke kanan akan menuju Padang Cermin dan Kedondong. Ambil arah kanan sampai ketemu Pasar Kluih/Pasar Kluwih. Dari Pasar ini, ambil jalan lurus lagi ke arah Kedondong, sampai ketemu Desa Mulyosari. Dari Desa Mulyosari, masih jalan lagi, sambil lihat-lihat ke kanan jalan, ada Balai Desa Gunung Rejo. Di depan Kantor Balai Desa Gunung Rejo ini, ada jalan masuk. Ambil jalan di depan Kantor Balai Desa ini, lurus terus sampai ketemu tempat parkir menuju Air Terjun Anglo, Way Ratai, Pesawaran.

Dari tempat parkir, tinggal jalan kaki sebentar saja dan kita pun akan menjumpai air terjun yang cantik di Pesawaran ini. Jarak dari Balai Desa Gunung Rejo ke Air Terjun Anglo kurang lebih 2 km, tidak terlalu jauh bukan? Jika bingung dengan lokasi, jangan segan-segan untuk bertanya ya, tidak perlu khawatir, karena warga Gunung Rejo sangat welcome kok dengan wisatawan yang datang. Saat jalan kaki menuju air terjun, tidak perlu khawatir kesasar, karena papan penunjuk arah menuju Air Terjun Anglo banyak kita temukan sepanjang perjalanan kaki dan arahnya juga jelas.
Secara umum, rute menuju Air Terjun Kaliawi ini hampir sama dengan rute dari Bandar Lampung menuju Air Terjun Ciupang dan Air Terjun Sinar Tiga, sama-sama menuju arah Padang Cermin. Waktu tempuh dari Bandar Lampung ke Air Terjun Gunung Rejo kurang lebih selama 2-3 jam perjalanan. Selain mengambil rute lewat Pantai Teluk Lampung, dari Bandar Lampung bisa juga mengambil rute lewat Gedong Tataan, lalu belok kiri ke arah Kedondong. Dari Gedong Tataan, jarak ke Air Terjun Anglo kurang lebih sekitar 33 kilometer saja.

Fasilitas di Air Terjun Anglo

Air Terjun Anglo ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter, dan pemandangannya juga cantik, recommended buat dikunjungi. Tracking menuju air terjun Anglo tidak terlalu sulit, apalagi arahnya, sangat mudah ditemukan dengan banyaknya penunjuk arah. Warga desa Gunungrejo juga telah melakukan gotong royong untuk memperbaiki jalan menuju lokasi air terjun sehingga tempat ini lebih mudah dijangkau wisatawan.

Source http://www.jelajahlampung.com http://www.jelajahlampung.com/2017/02/air-terjun-anglo-atau-air-terjun-kaliawi.html
Comments
Loading...