Air Terjun 86, Wisata Alam di Indragiri Hilir

0 125

Air Terjun 86

Kabupaten Tembilahan sendiri juga menyimpan Tempat Wisata yang juga tidak kalah menarik dengan tempat lain, yang sekarang dikenal dengan nama Air Terjun 86. Memang tempat ini tidak terlalu banyak yang tau karna yang pertama, tempat ini masih susah untuk di tempuh karna kondisi jalanya yang masih jalan tanah dan kurang bagus, kedua tempat ini belum dirawat oleh pihak dinas setempat,hanya penduduk sekitar saja yang merawat tempat ini. Maka dari itu Air Terjun 86 ini belum terlalu banyak diketahui oleh para wisatawan. Mari kita mengenal lebih jauh tempat ini agar bisa kita tau keindahan Air Terjun 86 ini juga mempunyai keindahan tersendiri seperti tempat yang lain.
Dinamakan Air Terjun 86 karena lokasinya terletak di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur Sumatra Utara. Air Terjun yang berada di Taman Nasional Bukit Tugapuluh ini pempunyai ketinggian sekitar 20 meter, dengan kemiringan sudut hampir 90 derajat, debit airnya cukup besar sehingga dari jarak 10 meter saja kita sudah dapat merasakan hempasan air terjun 86 ini. Air Terjun ini merupakan hulu dari Sungai Nderlang, jadi airnya akan selalu ada dan debit airnya akan tetap stabil meskipun sedang musim kemarau, jadi pengunjung yang ingin berkunjung ke Air Terjun 86 ini tidak perlu khawatir mengenai cuaca.
Air Terjun ini memiliki dinding-dinding yang dibangun dari bebatuan alam yang terbentuk secara alami dan hal itu secara tidak langsung menambah nilai eksotis dari air terjun 86 ini. Selain itu, Air Terjun 86 ini juga memiliki pepohonan yang rindang di sekitarnya dan menciptakan nuansa yang asri dan bisa kita gunakan sebagai tempat beristirahat sambil mendengarkan suara gemuruh air terjun.

Lokasi Air Terjun 86

Air Terjun 86 ini terletak di dusun Simpang Pendowo, Desa Selensen/Desa keritang hulu, Kecamatan Kemuning Indragiri Hilir, yang merupakan wilayah inhil yang menjadi arus lintas timur yang menghubungkan Pulau Sumatra dan Jawa. Memang kecamatan kemuning ini merupakan daerah perbukitan dan menjadi salah satu daerah yang geografisnya dataran tinggi, sehingga panorama alamnya sangat cocok sebagai salah satu tujuan wisata alam.

Akses Menuju Air Terjun 86

Jarak tempuh menuju ke Air Terjun 86 ini memerlukan waktu sekitar 5 jam dari Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir yaitu Kota Tembilahan, berjarak sekitar 14 km dari jalan raya Lintas Timur Sumatra, atau 4 km dari Selensen, kondisi jalan ke obyek wisata ini berupa jalan tanah, sehingga dapat dicapai hanya kendaraan roda dua atau bisa juga kita menggunakan kendaraan roda empat seperti sejenis Jeep.
Comments
Loading...