Air Terjun 12 Tingkat atau Air Terjun “Njinea”

0 63

Air Terjun “Njinea”

Air terjun ini terletak di Desa Sakina Jaya, yang sebelumnya desa tersebut adalah pecahan dari Desa Pangi, Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong. Bagi para Pecinta Alam di wilayah Kabupaten Parigi Moutong, air terjun ini bukan merupakan hal baru lagi.

Sayangnya air terjun Njinea belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat, dan hingga kini potensi wisata alam ini terbiarkan begitu saja. Yang menghawatirkan adalah terjadinya kerusakan disekitar air terjun tersebut yang menyebabkan kurangnya debit air, oleh karena perambahan hutan di daerah sekitar, tentunya mempengaruhi rusaknya keindahan di sekitar lokasi air terjun 12 tingkat tersebut.

Apabila menelusuri disetiap tingkat dari Air terjun Njinea kita dapat melihat kemewahan desain Sang Maha Pencipta terlihat disana, yang disetiap tingkatan dikelilingi bebatuan cadas berwarna hitam, dan setiap tingkatan juga terdapat kolam-kolam, namun kolam-kolam tersebut saat ini tertimbun pasir, oleh karena kiriman dari aliran sungai dibagian atas air terjun tersebut sehingga terjadinya pendangkalan.  Hal ini terjadi dapat diperkirakan akibat dari kerusakan pada daerah daerah aliran sungai (DAS) yang berada disepanjang aliran sungai Njinea.

Hasil gambar untuk Air Terjun 12 Tingkat atau Air Terjun “Njinea”

Dari Ibu Kota Palu, perjalanan ditempuh sekitar 60 kilometer, sedangkan jarak dari jalan trans sulawesi menuju tempat wisata air terjun Njinea membutuhkan waktu 2 hingga 3 jam dengan berjalan kaki.  Saat ini waktu tempuh sudah lebih mudah, karena setengah dari jalan menuju lokasi sudah dapat ditempuh dengan menggunakan roda dua, sehingga perjalanan sudah lebih singkat dengan memakan waktu 1 setengah jam saja.  Dalam perjalanan menuju lokasi kita akan menyusuri hutan dan sering menjumpai anak sungai.

Source http://wisatapalu.com http://wisatapalu.com/wisata-alam-di-sulawesi-tengah-parigi-moutong
Comments
Loading...