Air Panas Hantakan Tempat Liburan Keluarga di Kalimantan Selatan

0 23

Obyek Wisata Air Panas Hantakan berjarak 14 km dari kota Barabai Hulu Sungai Tengah. Sesuai dengan namanya pada obyek wisata ini terdapat sumber air panas. Terdapat beberapa kolam air panas yang dipergunakan untuk mandi dan berendam. Selain berekreasi, air yang memancar dari sumur yang berlokasi di Desa Hantakan, Kecamatan Hantakan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan ini bisa dimanfaatkan untuk terapi penyakit.

Objek wisata yang mempunyai luas kurang lebih satu hektar ini di kelola oleh Pemerintah kabupaten Hulu Sungai Tengah sejak puluhan tahun yang lalu. Terdapat tiga kolam pemandian air panas dipergunakan untuk mandi dan berendam di tempat wisata ini. Bersebelahan dengan kolam air panas terdapat kolam air (biasa) yang dapat dipergunakan anak-anak untuk berenang. Suhu panas pemandian alam tersebut berasal dari kandungan belerang di dalamnya. Meski begitu, tidak tercium bau khas belerang yang menyengat.

Kandungan belerang yang terdapat dalam air panas ini dianggap dapat menyembukan penyakit kulit. seperti reumatik, stroke, gatal-gatal, panu, dan berbagai penyakit kulit lainnya. Selain itu, airnya tetap terlihat jernih dan tidak keruh meski ada kandungan belerang tadi. Bahkan, rasa airnya juga tetap tawar. Obyek wisata ini ramai dikunjungi orang pada saat hari libur atau hari besar, baik pengunjung yang berasal dari dalam daerah maupun luar daerah.

Obyek wisata Air Panas Hantakan juga dilengkapi dengan kolam pancing. Beberapa perkumpulan penghobi memancing sering mengadakan lomba pancing di kolam ini. Fasilitas lain yang terdapat di obyek wisata Air Panas Hantakan antara lain penginapan, gazebo, ruang ganti pakaian dan toilet. Terdapat pula warung sederhana yang menyajikan menu utama ikan air tawar dan kios-kios yang menjual aneka tanaman obat.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/kalimantan-selatan/air-panas-hantakan-tempat-liburan-keluarga-di-kalimantan-selatan.html
Comments
Loading...