Air Panas Gemuhak Sumber Mata Air Panas di Sumatera Selatan

0 35

Pemandian Air Panas Gemuhak

Pemandian Air Panas Gemuhak ini terdapat di Desa Gunungtiga, Kecamatan Uluogan, Kabupaten Oku, Sumatera Selatan. Air Panas Gemuhak ini terdapat beberapa sumber air panas yang menyemburkan air panas tiap selang waktu 15 detik  setinggi 3 meter, warga percaya Air Panas Gemuhak dapat mengobati bermacam-macam penyakit kulit.

Sumber air panas ini memiliki panas hingga mencapai 97 derajat celcius. Saking panasnya, anda bisa berwisata sambil membawa bekal telur mentah untuk dapat dimasak di sana. Cukup mencelupkan telur tersebut dengan perantara sebuah tongkat kayu yang telah dimodifikasi dengan tempat telur sehingga anda tidak perlu lagi menceburkan diri ke air panas untuk mencobanya. Jika anda sampai ke daerah ini, anda sendiri akan mendapatkan daerah ini cukup panas, walau belum benar-benar sampai ke sumber air panas. Karena lingkungan hutan lebat ini bersuhu hingga di atas 100 derajat celcius.

Sumber air panas ini sebenarnya merupakan geothermal yaitu potensi perut bumi yang menyemburkan lumpur panas di dasar sumber mata air. Sehingga air yang terbawa otomatis menjadi panas. Sumber air panas ini disebut Gemuhak karena saat menuju lokasi anda akan menemukan banyak bunga anggrek kalajengking atau oleh masyarakat sekitar disebut bunga Gemuhak . Menariknya Air Panas Gemuhak ini sewaktu-waktu bisa menyemburkan air setinggi 5 meter. Sumber semburan air panas ini terdapat di dua lokasi. Bahkan karena tertutup batu, sehingga air yang muncul dari mata air berasap dan beberapa kali lumpur panas menyembur ke atas. Jangan khawatir semburan ini aman, karena tidak seperti semburan lumpur yang banyak dikenal.

Air panas ini mengandung mineral-mineral, yang kalau Anda rasakan berasa asin dan dapat dikonsumsi secara langsung, karena sudah mendidih. Air panas yang dihasilkan ini memiliki kandungan sulfur dan yodium yang tinggi yang tentu saja  dapat mencegah penyakit gondok karena kandungan yodiumnya dan mengobati berbagai macam panyakit kulit karena kandungan sulfur yang ada. Disana sudah dibangun bak bak penampungan air panas, dengan pengontrol derajat kepanasan yang terukur untuk terapi kesehatan, spa center, kolam rendam dan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya.

Belum banyak orang yang mengetahui tentang  objek wisata Air Panas Gemuhak ini terletak di Desa Gunung Tiga, tepatnya 6 Km ke arah utara dari desa Gunung Tiga. Lokasi wisata Air Panas Gemuhak berada pada ketinggian 389 meter di atas permukaan laut dengan perjalanan menuju lokasi yang melalui perbukitan masih alami melalui hutan dan perkebunan rakyat sehingga tentu bisa menyegarkan Anda.

Jika ditempuh dari pusat kota Baturaja menuju desa Gunung Tiga, melalui perjalalan darat ditempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam. Terdapat jalurnya hingga Gunung Tiga melalui perbukitan maupun menelusuri alur sungai Ogan. Lokasi objek wisata ini termasuk dalam kawasan hutan lindung, dan tidak terdapat permukiman penduduk. Sehingga jika Anda harus menginap, temukan penginapan di Muara Enim.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sumatera-selatan/air-panas-gemuhak-sumber-mata-air-panas-di-sumatera-selatan.html
Comments
Loading...