Air Mancur Tuti Adagae, Wisata Air di Alor, NTT

0 6

Air Mancur Tuti Adagae

Air Mancur Tuti Adagae adalah sumber mata air panas yang keluar dari bumi dengan airnya mengandung belerang sehingga tampak bebatuan berwarna kuning. Lokasinya berada di pulau Alor di Desa Adagae Kecamatan Lembur Kabupaten Alor, Nusa Tengara Timur – Indonesia. Untuk menuju lokasi wisata air mancur Tuti Adagae memakan waktu sekitar 1 jam dari kota Kalabahi, dengan akses jalan cukup bagus sampai dengan Desa Bukapiting.

Dari jalan besar untuk masuk lokasi wisata air mancur Tuti Adagae sekitar 30 menit dengan akses jalan dalam pembangunan karena hampir setengah perjalanan banyak dijumpai bahan material bangunan dan alat berat. Bebatuan yang tersusun dari bawah ke atas dari batu besar sampai dengan terkecil mengelilingi semburan air panas merupakan batu yang sengaja diletakan oleh warga maupun pengunjung dengan mitos jika batu tidak jatuh maka akan terkabul keinginan baiknya.

Keindahan Air Mancur Tuti Adagae

Air mancur Tuti Adagae mempunyai tiga spot keluarnya semburan air panas. Lokasi peratama dengan semburan air panas lebih besar dengan suara seperti gemuruh keluar dari bumi melalui bebatuan bertumpuk menyerupai cerobong asap, dengan ketinggian semburan airnya sekitar 4 meter. Tidak jauh dari lokasi pertama akan menjumpai spot kedua sperti photo nomor dua dari atas, mempunya tiga mata air mancur yang keluar dari permukaan bebatuan.

Sedangkan spot ketiga lebih kecil berada di aliran sungai tidak jauh dari jembatan penyebrangan yang terbuat dari kayu. Disekitar lokasi air mancur terdapat bebatauan yang unik dengan tebing tersusun alamai. Dan bebatuan alam yang sengaja disusun pengunjung baik warga lokal mapun luar, dari bebatuan besar maupun kecil di hampir setiap tebing-tebing yang tinggi mapun dilereng dan padang rerumputan.

Daya Tarik Air Mancur Tuti Adagae

Air mancur Tuti Adagae terletak seperti dibawah lereng perbukitan dan berada di aliran sungai. Pemandangan alamnya begitu menyejukan mata dengan warna rumput, pepohonan , tebing, bebatuan dan aliran sungai yang sangat serasi dalam bingkai foto. Air yang mengalir di sungai begitu jernih menambah ke elo-kan lokasi wisata dengan warna air sungainya biru dan hijau.

Warna hijau dikarenakan lumut yang menempel di bebatauan pada dasar sungai yang dangkal. Pertama kali memasuki area wisata air mancur Tuti Adagae akan disuguhkan pemandangan seperti savana, membuat terpana dan berdecak kagum. Rumput ilalangnya hampir setinggi dada orang dewasa, dedaunannya berwarna hijau dan kecoklatan dengan bunga yang begitu serasi hampir menyerupai warna ungu menjadi suasana begitu romantis.

Source https://steemit.com https://steemit.com/travel/@bandrek17/wisata-alam-air-mancur-tuti-adagae-or-pesonanya-luar-biasa-indah-recomended-or-traveling
Comments
Loading...