Warning: unlink(/tmp/5914058945c6f253f68cbf38062a4c44-bCPpsj.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Agrowisata Perkebunan Durian di Probolinggo

0 131

Agrowisata Perkebunan Durian

Agrowisata Perkebunan Durian merupakan salah satu wisata perkebunan yang terletak di Dusun Waturiti, Desa Branggah, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Agrowisata di desa Branggah ini juga dikembangkan melibatkan masyarakat, yang rata-rata hampir setiap pekarangan rumah penduduk terdapat pohon durian yang berusia rata-rata 10 tahun dan dalam usia produktif. Awalnya durian-durian ini hanya dijual dipasaran, kemudian timbul ide untuk menjadikan desa ini sebagai area wisata atau kampung durian yang akhirnya malah memberikan penghasilan lebih baik pada masyarakat dari sisi perekonomian dan menjadikan.

Hasil gambar untuk Agrowisata Perkebunan Durian di Probolinggo

Tempat ini menjadi terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan baik lokal dan mancanegara setiap musim durian datang. Lokasi desa Branggah ini berada di dataran tinggi dan memiliki tanah yang subur, sehingga sangat cocok untuk pertanian, terutama berkebun buah durian. Selain durian, masyarakat sekitar juga menanam sengon untuk diambil kayunya dan budidaya lebah untuk diambil madunya, karena di desa Branggah dan sekitarnya banyak terdapat pohon randu/kapuk. Di musim panen durian, selain pengunjung bisa membeli dan memetik langsung di pohon.

Fasilitas Agrowisata Perkebunan Durian

Wisata Agrowisata Sumberbendo di Probolinggo  bisa dibilang sebuah wisata agro  yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan

– Mushola

– Kamar mandi / MCK

– rumah makan

– dan masih banyak lainnya

Disepanjang jalan Lumbang – Sukapura banyak bedak-bedak yang berjejer menjual buah-buah durian dengan berbagai jenis, mulai durian lokal hingga jenis montong. Rencana pengembangan agrobisnis ini juga mendapat dukungan dari pemerintah, melalui dinas pertanian setempat yang rencananya akan dikembangkan di wilayah lain, seperti di Kecamatan Krucil, yang disana telah ditemukan varietas durian lokal asli khas Probolinggo, yang diberi nama durian sikasur yang mempunyai ciri khas tersendiri dengan daging yang lembut, rasa dan aroma yang mantab. Pemerintah daerah akan membantu termasuk pengembangan SDM dan pemasaran, sehingga bisa dikenal hingga di luar Probolinggo.

Source http://adventurewisata.blogspot.co.id http://adventurewisata.blogspot.co.id/2017/01/agrowisata-di-probolinggo.html
Comments
Loading...