Warning: unlink(/tmp/5914058945c6f253f68cbf38062a4c44-NHHzqP.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Agrowisata Blimbing di Tulungagung Jawa Timur

0 145

Agrowisata Blimbing

Agrowisata Belimbing merupakan salah satu wisata perkebunan buah yang terletak di Dusun Cluwok, Desa Bono, Moyoketen, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur. Sekitar 500 keluarga di Dusun Cluwok menggantungkan hidup dengan menjadi petani Belimbing jenis bangkok merah. Sebanyak 2 ton Belimbing jenis Bangkok Merah di kirim ke Jakarta setiap harinya. Untuk menuju ke lokasi bisa ditempuh dari pusat kota Tulungagung menuju ke barat, sekitar 700m, sampai di Jembatan Lembu Peteng belok kiri menuju lokasi sekitar 3 km arah selatan.

Dengan kerindangan pohon belimbing yang sedang berbuah, para pengunjung akan dimanjakan dengan buah belilmbing yang siap makan dan bisa langsung di petik. Untuk memetik buah blimbing pengunjung akan didampingi seorang pemandu yang bertugas memilihkan kita buah belimbing yang masak dan siap makan. Untuk memastikan para pengunjung mendapatkan buah belimbing yang sudah masak, akan lebih baik memberitahukan 2 minggu sebelumnya, agar petani mempersiapkan untuk para pengunjung. Pengunjung bisa memetik buah belimbing dan yang akan ditimbang oleh petani.

Berkunjung ke Agrowisata Petik Belimbing

Di desa – desa tersebut ada banyak sekali Petani – Petani Belimbing tetapi yang terkenal di daerah itu hanyalah kebun milik Pak Mulyono. Di samping kebun Belimbing milik pak Mulyono sebenarnya ada kebun – kebun milik Petani lain, hanya saja di kebun Pak Mulyono ini diberi tambahan fasilitas rest area dan Dapur Kuliner yang akan dilewati para pengunjung sebelum menuju ke kebun Belimbing.

Buah Belimbing yang ditanam di lahan itu adalah jenis Bangkok merah. Belimbing dibungkus plastik sejak masih berbuah kecil dan jumlah buahnya juga dibatasi sehingga pada saat musim panen menghasilkan belimbing yang berkualitas bagus berwarna kemerahan dan juga manis. Kegunaan pemberian plastik itu dimaksudkan untuk menghindari lalat buah dan mengurangi penggunaan pestisida pada buah. Satu belimbing berwarna merah sudah siap panen dan bisa dipetik dengan harga 2.000 Rupiah per buah.

Source http://www.eastjava.com http://www.eastjava.com/tourism/tulungagung/ina/blimbing_agrotourism.html
Comments
Loading...