Agrowisata Bhumi Merapi, Sleman Yogyakarta

0 40

Agrowisata Bhumi Merapi adalah salah satu wisata edukasi di Yogyakarta yang letaknya di Jalan Kaliurang km20, Sawungan, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta. Dengan luas lahan yakni 5,2 Ha sebagai lahan pertanian, perkebuanan, serta peternakan, Agrowisata Bhumi Merapi berbatasan langsung dengan Kali Kuning dan dengan latar belakang pemandangan indahnya Gunung Merapi.

Agrowisata Bhumi Merapi memiliki fasilitas sebagai Area Kemah, Outbound dan di dalam Agrowisatanya sendiri sebagai Edukasi bagi anak-anak untuk lebih mengenal hewan mamalia dan reptil, alternatif gas alam yang terbuat dari kotoran kambing, serta tanaman hidroponik ataupun belajar menanam yang dikemas dalam bentuk Fieldtrip. Cukup dengan membayar 10 ribu rupiah per orang, Anda sudah bisa menikmati semua Agrowisata di Bhumi Merapi, meski khusus wahan berkuda dan Goa Ponggolo akan ditarik tiket lagi.

Daya Tarik Agrowisata Bhumi Merapi

Anak-anak pasti senang bermain-main dengan hewan disini. Dari mulai memberi minum kambing, memerah susu kambing, memberi makan kambing, memberi susu ke anak kambing, memberi makan dan berkejaran dengan kelinci, melihat aneka reptil sampai naik kuda. Anak-anak juga bisa melihat bentuk tanaman hidroponik yang sebenarnya, tidak lagi hanya di foto atau gambar.

Selain wisata agro dan alam, di Bhumi Merapi Anda dapat mengunjungi situs sejarah berupa Goa Ponggolo. Goa ini berusia sudah 200 tahun dan memiliki panjang kurang lebih 350 meter dengan aliran air yang cukup deras sehingga sangat menarik bagi Anda yang ingin menguji adrenalin. Bukan sekedar wisata jalan-jalan biasa menikmati bumi di kaki gunung merapi, tetapi Anda juga mendapatkan informasi yang menarik dan bermanfaat.

Bagi anda yang sedang berencana memulai usaha, bisa menjadi salah satu ide usaha. Karena Bhumi Merapi menyediakan jasa pelatihan sekaligus pendampingan usaha untuk bidang yang ada dalam agrowisata ini. Memasuki area agrowisata, Anda akan disambut oleh sebuah bangunan berbentuk joglo untuk duduk beristirahat. Di depan joglo terdapat sebuah icon berbentuk batang pohon, yang  diperuntukkan untuk spot foto para pengunjung.

Harga Tiket di Agrowisata Bhumi Merapi

Bila anda ingin merasakan sensasi berkemah dengan cara yang lebih nyaman dan unik, terdapat persewaan tenda mobil yang cocok untuk keluarga. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 650.000 / hari, lengkap dengan fasilitas makan, barbeque party dan menikmati semua fasilitas yang ada di Bhumi Merapi.

Disini ada layanan tour menggunakan jeep dengan biaya Rp. 150.000/mobil (bisa digunakan untuk 5-6 orang) untuk merasakan sensasi berkendara di dam (bendungan) Kalikuning, pintu masuk Gua Ponggolo, mata air Kalikuning dan tebing Kalikuning. Anda dapat menemukan mushola yang lumayan besar di sini. Pendopo untuk makan dan bersantai, serta toiletnya juga bersih dan banyak. Ada juga kantin tempoe doeloe, dimana menu ayam goring menjadi andalannya.

Rute Menuju Agrowisata Bhumi Merapi

Rute menuju ke Agrowisata Bhumi Merapi: Temukan Jalan Kaliurang, lalu ikuti rute ke utara dan amati saja petunjuk lokasi yang ada di spaduk/baliho pertokoan di sepanjang jalan menuju hutan wisata Kaliurang. Begitu masuk KM 19, siapkan diri melihat sisi sebelah kiri jalan, ada baliho besar bertulis Bhumi Merapi. Di sebelah Balai Desa Hargobinangun yang terletak di sebelah kanan Jalan Kaliurang, terdapat jalan kecil menuju Agrowisata Bhumi Merapi. Letak Agrowisata Bhumi Merapi hanya sekitar 50 meter masuk dari tepi Jalan Kaliurang.

Source https://ksmtour.com https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/yogyakarta/bhumi-merapi-wisata-edukasi-kaki-gunung-merapi-yogyakarta.html
Comments
Loading...