Agrowisata Belimbing Grobogan Jawa Tengah

0 297

Agrowisata Belimbing

Agrowisata Belimbing merupakan salah satu perkebunan yang berada di Grobogan. Argowisata  ini memiliki luas ± 19.3 hektar, dikelola oleh 80 pekebun. Kepemilikan pohon belimbing masing-masing orang pun berbeda. Di desa ini, hampir seluruh warganya berprofesi sebagai petani belimbing. Buah belimbing yang ada di kebun ini memiliki ukuran besar. Hal ini menjadikan buah belimbing ini sebagai salah satu produk andalan dan menjadi ikon. Argowisata Blimbing ini berada  di Kabupaten Grobogan Tepatnya di Desa Tarub, Kecamatan Tawangharjo.

Agrowisata Belimbing ini eksis belum lama. Baru sekira 7 tahun yang lalu. Adalah Winarto, warga Desa Tarub, yang menginisiasinya. Tahun 2009 Winarto mulai merintis agrowisata itu. Bukan tanpa tantangan. Saat itu, ia sempat dicibir, bahkan disebut gila, oleh para tetangganya. Itu karena Winarto menebangi puluhan pohon jati setinggi semeteran yang berada di kebunnya, lalu menanami lahan seluas ¾ hektare miliknya itu dengan pohon belimbing. Perilaku itulah yang dipandang aneh oleh warga sekitar. Pohon jati dinilai lebih ekonomis daripada belimbing.

Hasil gambar untuk Agrowisata Belimbing Grobogan Jawa Tengah

Harga Buah di Agrowisata Belimbing

Di agrowisata ini pengunjung dibolehkan memetik buah belimbing dan mencicipinya secara gratis. Varietas belimbing yang dikembangkan adalah belimbing madu. Untuk harga perkilonya berkisar Rp. 3.000 sampai Rp. 4.000,- untuk ukuran kecil dan 5.000,- sampai 8.000,- untuk ukuran besar/jumbo. Selain buah belimbing, pengunjung juga dapat menikmati oleh-oleh kerupuk belimbing dan aneka olahan berbahan dasar belimbing.

Hasil gambar untuk Agrowisata Belimbing Grobogan Jawa Tengah

Akses Menuju Agrowisata Belimbing 

Tempat akses masuk ke dalam area kebun belimbing desa tarub ini juga sangatlah mudah, jaraknya hanya sekitar 1 km dari jalan raya Blora-Purwodadi. Kalau hanya sekedar masuk dan melihat – lihat saja di dalam kebun belimbing, tidak dikenakan ongkos alias gratis. Biaya hanya dikenakan saat pengunjung memetik buah belimbing saja itupun sangat murah, baik ingin dimakan ditempat atau dibawa pulang. Selain itu, pengelola juga menyediakan berbagai rujak buah dengan harga yang ekonomis.

Source wisata grobogan
Comments
Loading...