Aek Sijorni, Air Terjun Berundak Unik di Medan

0 70

Aek Sijorni

Aek Sijorni merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki keunikan tersendiri. Hal ini membuatnya menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Tapanuli hingga kini.

Unik dan Berundak-undak

Dalam bahasa Indonesia, aek bermakna air dan sijorni berarti jernih. Nama Aek Sijorni disematkan lantaran air di sekitar lokasi ini sangat jernih. Pasir di bawah permukaannya juga berwarna putih. Pesona keindahannya kian terpancar karena air mengalir deras melalui bebatuan cadas berundak, nampak begitu cantik dan mempesona.

Air terjun indah ini memiliki ketinggian 10 meter. Di sekitarnya terdapat banyak pohon kelapa. Bahkan ada beberapa tumbuh di tengah air terjun. Panorama yang tercipta pun sangat luar biasa dan memanjakan mata. Berdasarkan penuturan masyarakat sekitar, mata air di kawasan perbukitan takkan keruh meski musim hujan. Anehnya lagi, saat memasuki musim kemarau debit airnya justru akan kian meningkat.

Rute Menuju Air Terjun Surgawi

Aek Sijorniberada di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatingi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Jaraknya sekitar 30 kilometer dari Padang Sidempuan dan butuh perjalanan sekitar dua jam untuk mencapai lokasi.

Sementara itu, dari pusat kota Medan rutenya membentang sepanjang 380 kilometer. Bakal memakan waktu sekitar 12 jam perjalanan untuk menuju air terjun. Sobat traveler bisa membawa kendaraan pribadi atau menggunakan tranportasi umum seperti bus mini ataupun bus lintas timur Sumatera.

Keindahan dalam Jangkauan

Untuk bisa menikmati keindahan Aek Sijorni ini, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah. Bagi yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir lima ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil.

Fasilitas yang tersedia di sekitar obyek wisata bisa dibilang lumayan lengkap. Ada area parkir, musholla, toilet, kamar ganti, dan warung yang menjajakan aneka sajian khas, serta pondok-pondok kecil untuk beristirahat.

Source https://travelingyuk.com https://travelingyuk.com/aek-sijorni-tapanuli/107972/
Comments
Loading...