A​ir Terjun Gunung Lengkuas, Wisata Alam Bintan

0 34

Air Terjun Gunung Lengkuas

Gunung Lengkuas merupakan salah satu tempat yang terletak di antara tanjung pinang dan kijang Riau Sumatra Indonesia. Rute perjalanan untuk sampai di tempat ini dapat dilakukan melalui arah Tanjung Pinang kemudian menuju ke pertigaan sebelum masjid Nurul Huda berbelok ke arah kanan. Kemudian lurus sekitar 500 meter menuju gang wisata di kanan jalan. Dari tempat tersebut jarak air terjun sekitar 1 km dengan perjalanan jalan kaki. Kendaraan hanya dapat diparkiran berjarak 1 km dari lokasi air terjun.

Oleh karena itu Anda harus mengunci ganda kendaraan Anda dan berjalan kaki sekitar waktu tempuh selama 30 menit menuju lokasi dengan kondisi jalan yang belum sepenuhnya mulus. Sehingga Anda harus berhati-hati terutama saat sedang cuaca hujan. Gunung Lengkuas sebernarnya merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Oleh sebab itu, debit air terjun yang dihasilkan tidak sebesar di beberapa air terjun di pulai jawa. Debit airnya mengalir menuruni batuan besar yang berbentuk anak tangga setinggi 20 meter.

Sumber Air Terjun Gunung Lengkuas ini berasal dari hutan yang masih asri dan sangat alami. Jika Anda berunjung saat musim hujan , Anda dapat mlihat debit air yang lebih besar dari biasanya. Sehingga air terjunnya juga dapat dinikmati dengan mandi di kolam renang di bawah air terjun itu. Namun Anda tetap harus berhati-hati saat menuju ke air terjun saat musim hujan karena daerah pegunungan diketahui memiliki potensi longsor yang lebih tinggi dibandingkan dengan dataran rendah.

Fasilitas dan Akomodasi Air Terjun Gunung Lengkuas 

Fasilitas dan akomodasi Air Terjun Gunung Lengkuas belum sepenuhnya tersediakan dengan baik.  Secara resmi belum ada pengelolaan khusus dari tempat wisata ini. sehingga Anda perlu menjaga barang bawaan Anda seperti kendaraan dengan cara Anda sendiri dan menuju ke air terjun tanpa pemandu seperti pada beberapa tempat wisata yang telah memiliki sistem manajemen yang baik. Jika Anda berminat untuk melakukan penginapan di sekitaran gunung lengkuas juga masih belum tersedia adanya penginapan seperti home stay dan lain sebagainya. Anda dapat menyewa beberapa rumah yang ada di sekitaran gunung dengan izin khusus dari pemilik rumah karena memang tidak ada rumah khusus yang di sediakan di sekitaran daerah ini.

Hasil gambar untuk Air Terjun Gunung Lengkuas, Wisata Alam Bintan

Tips Berwisata ke Air Terjun Gunung Lengkuas

Beberapa tips saat mengunjungi Air Terjun Gunung Lengkuas Anda harus membawa beberapa barang di bawah ini agar perjalanan Anda lebih menyenangkan, aman, dan nyaman. Hal-hal tersebut diantaranya yaitu:

  • Peta, gunakan peta untuk menunjukkan akses jalan agar perjalanan Anda akan merasa aman tanpa khawatir tersesat saat peta ada di tangan Anda.
  • Baju ganti, ketika berada di air terjun pasti Anda akan bermain air di sekitaran air terjun. Oleh karenanya selalu sediakan baju ganti agar saat pulang Anda tidak mengalami masuk angin karena baju Anda basah.
  • Sandal anti selip, akan membuat perjalanan Anda lebih lancar dan gunakan alas yang tahan air agar langkah tidak menjadi berat saat melakukan perjalanan setapak sekitar air terjun.
  • Air mineral, penting dipersiapkan agar tidak kekurangan mineral atau dehidrasi saat melakukan perjalanan.
  • Dry bag, akan melindungi barang-barang elektronik Anda dari cipratanair terjun.

Selain dapat mengunjungi ari terjun di gunung ini, Anda dapat melakukan hiking bersama teman-teman Anda dengan melakukan persiapan sendiri karena beberapa toko sekitar hanya menyediakan beberapa kebutuhan makanan dan minuman. Untuk alat-alat safety dalam mendaki Anda dapat mempersiapkannya sendiri.

Jika Anda tertarik untuk melakukan pendakian Gunung Lengkuas ada baiknya Anda melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan mendaki, Anda dapat melakukan persiapan dan melakukan beberapa tips berikut agar perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut :

  • Rencanakan perjalanan dengan baik, cari informasi lebih dalam mengenai lokasi Anda akan mendaki misalnya melalui petugas ataupun warga di sekitar daerah gunung lengkuas. Pelajari setiap medan dan rute agar tidak terjadi kesalnjadikan Anda nyaman dalam perjalanan.
  • Persiapkan fisik dan mental dengan memperhitungkan jarak yang akan ditempuh serta lama waktu yang akan ditempuh. Sesuaikan semua hal berdasarkan energi tubuh Anda. Mengatur manajemen logistik dan bahan makanan yang mencukupi agar saat berada di puncak Anda tidak kekurangan energi. Hal ini akan membantu Anda dalam kelancaran melakukan aktivitas pendakian.
  • Lakukan persiapan perlengkapan yang efektif dan memiliki keuntungan yang pasti. Jangan membawa barang-barang yang kurang mamiliki makna. Misalnya membawa baju yang berlebihan, membawa kosmetik dan lain sebagainya. Bawa baju hangat yang berlais-lapis agar Anda terlindungi dari cuaca di pegunungan yang ekstrim.
  • Poin terpenting saat melakukan pendakian gunung adalah jangan merusak alam dan jangan tinggalkan sampah saat Anda berada di lingkungan sekitar gunung. Lebih baik lagi jika Anda melakukan konservasi alam dengan melakukan perjalanan pulang membawa sampah yang merusak lingkungan di rute pendakian.
Source https://www.tempat.me https://www.tempat.me/wisata/Air-Terjun-Gunung-Lengkuas
Comments
Loading...