Gunung Agung Bali

0 150

Gunung Agung Bali

Gunung Agung merupakan salah satu objek wisata di Bali yang cukup terkenal. Gunung Agung berketinggian 3.014 meter di atas permukaan laut (Mdpl) dan di percaya sebagai tempat tinggalnya para roh leluhur masyarakat Hindu Bali. Gunung Agung merupakan salah satu Gunung aktif di Pulau Bali, dimana letusan terakhirnya terjadi sekitar tahun 1963 dan mengakibatkan kehancuran yang cukup parah, terutama di Kabupaten Karangasem.

Hasil gambar untuk Gunung Agung

Gunung Agung bertipe stratovolcano yang di dalamnya memiliki kawah yang cukup besar dan dalam. Terkadang dari kawahnya  mengeluarkan asap dan belerang dalam jumlah yang cukup banyak. Tepat di kaki Gunung Agung terletak Pura Besakih yang juga sangat di jaga kesuciannya oleh umat Hindu, juga termasuk pura terbesar di seantero Bali. Jika dilihat dari Pura Besakih, nampak sekali puncak Gunung Agung  seperti kerucut runcing yang sempurna, meskipun keadaan puncaknya sendiri sebenarnya berbentuk memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar. Gunung Agung berada di ketinggian di atas 3000 meter sudah pasti bisa melihat alam Bali dan daerah sekitar secara sempurna. Pengunjung tak hanya di bius oleh pemandangan alam di sekitar Gunung Agung. 

Gambar terkait

Jalur Pendakian Gunung Agung

Bagi para petualang, Gunung Agung juga tersedia jalur pendakian yang menantang. Saat ini, paling tidak ada tiga jalur pendakian yang bisa dilalui, yakni:

  1. Jika di susuri dari arah tenggara, maka bisa melalui daerah Nangka.
  2. Dari selatan, bisa dilalui dari Kecamatan Selat, Karangasem dengan basecampnya di Pura Pasar Agung.
  3. Dari arah barat yang merupakan jalur pendakian yang kerap di gunakan oleh para pendaki, yaitu dari Pura Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Disebabkan banyaknya kecelakaan dan kejadian hilangnya beberapa pendaki, maka sejak tahun 2009 pendakian melalui jalur ini diharuskan untuk memakai jasa pemandu yang telah disiapkan untuk mengantisipasi segala hal yang tak di inginkan.

Gambar terkait

Lokasi Gunung Agung Bali

Lokasi Gunung Agung ini terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Dengan mengambil jalur via Pura Besakih, wisatawan yang datang dari Denpasar bisa menuju ke utara dengan menempuh jarak sekitar 25 km. Atau bisa juga di lalui dari Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung dengan menggunakan angkutan umum yang tarifnya berkisar antara Rp. 7000-10.000.

Harga Wisata Mendaki Gunung Agung Bali

  • Summit 1: Rp 1.200.000/orang di ketinggian 3.044 mdpl.
  • Summit 2: Rp 950.000/orang di ketinggian 2.000 mdpl

Syarat dan ketentuan harga mendaki tersebut:

  • Minimal reservasi 2 orang.
  • Termasuk lampu penerangan (senter),  makan pagi, guide lokal.
  • Termasuk transportasi antar jemput ke hotel untuk wilayah Kuta, Nusa Dua, Seminyak, Denpasar, Sanur dan Ubud

Yang perlu dibawa saat mendaki Gunung Agung:

  • Jaket.
  • Sepatu sport.
  • Air minum minimal 2 liter.
  • Tongkat (bila perlu)
Source gunung agung bali
Comments
Loading...