Gunung Arjuno Jawa Timur

0 136

Gunung Arjuno

Gunung Arjuno adalah gunung yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di daerah Malang. Gunung ini memiliki ketinggian 3.339 mdpl dan merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur. Gunung Arjuno bersebelahan dengan Gunung Welirang.

Gambar terkait

Gunung ini terletak diperbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan yang berada di badan pengelolahan Taman Hutan Raya Raden Soeryo. Puncak Gunung Arjuna terletak satu punggung yang sama dengan puncak Gunung Welirang. Gunung tersebut juga di jadikan tempat petualangan para pendaki yang ingin mendaki puncak Gunung Arjuno tertinggi ke 3 di Propinsi Jawa Timur ini.

Selain menjadi tempat tujuan pendakian, gunung ini juga di jadikan objek wisata, pasalnya di kawasan Gunung Arjuno terdapat objek wisata yang patut di acungi jempol, salah satunya adalah wisata Air Terjun Kakek Bodo.

Hasil gambar untuk gambar Gunung Arjuno

Kawasan Gunung Arjuno terdapat banyak air terjun lainnya dengan pemandangan yang sangat indah dan tidak kalah menariknya dengan air terjun Kakek Bodo.

Lokasi Dan Transportasi

Gunung Arjuno berada di antara Kota Malang, Pandaan dan Sidoarjo, Jawa Timur. Terdapat beberapa jalur pendakian yang bisa digunakan, diantaranya adalah jalur Tretes, jalur Purwosari, jalur Lawang dan jalur Batu.

Masing-masing jalur tersebut memiliki karakteristiknya sendiri. Seperti pada jalur Purwosari, melalui jalur ini anda akan sering melintasi lokasi petilasan bekas peninggalan kerajaan Majapahit. Jika melintasi jalur Tretes maka medannya lebih landai dan juga akan melintasi pertigaan yang merupakan jalan ke puncak Arjuno dan puncak Welirang. Dari beberapa jalur pendakian, jalur Tretes inilah yang lebih sering digunakan pendaki.

Hasil gambar untuk gambar Gunung Arjuno

TIPS PENDAKIAN
  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik seminggu sebelum melakukan pendakian. Persiapkan juga KTP dan surat sehat dari Dokter
  3. Persiapkan tim dan perlengkapan yang akan dibawa. Jangan lupa bawa sesuatu misal benda kesayangan atau tulisan untuk seseorang supaya bisa foto bareng saat di puncak
  4. Tim yang solid adalah 5-8 orang. Jika sedikit usahakan 3 orang (1 orang harus sudah pernah naik gunung)
  5. Jangan sepelekan keselamatan. Pakai sandal atau sepatu gunung dan jaket gunung. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  6. Untuk pendakian Arjuno kita bisa naik pagi atau malam. Jika pagi bagusnya pukul 10-13. Jika malam 6-7
  7. Dirikan tenda di tempat yang datar dan usahakan di selimuti pohon atau semak supaya tidak terkena angin gunung langsung.
Source gunung Arjuno jawa timur
Comments
Loading...