Objek Wisata Danau Kelimutu NTT

0 131

Objek Wisata Dana Kelimutu NTT

 

Gunung Kelimutu merupakan salah satu gunung berapi yang cukup menarik untuk di kunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Nama Kelimutu sendiri berasal dari gabungan kata “keli” yang berarti gunung dan “mutu” yang berarti mendidih. Nama tersebut dapat di artikan sebagai salah satu gunung berapi yang terus bererupsi. Gunung ini memiliki ketinggian 1.639 meter atau 5.377 kaki di atas permukaan laut.

Hasil gambar untuk objek wisata danau kelimutu

Rute dan Lokasi Danau Kelimutu

Danau Kelimutu terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur atau tepatnya berjarak kurang lebih 83 km ke arah barat kota Maumere atau 51 kilometer arah timur dari Kota Ende. Banyak para wisatawan yang lebih suka datang ke Danau Kelimutu dari arah kota Ende karena lebih dekat dan juga karena rute penerbangan ke kota Ende jauh lebih banyak.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke danau Kelimutu, dari arah manapun Anda, maka datanglah terlebih dahulu ke pulau Flores. Sebenarnya Anda bisa saja menggunakan transportasi darat, udara dan laut. Tapi saya sangat merekomendasikan Anda untuk pergi ke pulau Flores dengan menggunakan pesawat atau kapal laut saja karena jika menggunakan bis bisa lebih lama dan lebih melelahkan.

Hasil gambar untuk objek wisata danau kelimutu

Jika menggunakan pesawat, maka Anda bisa menggunakan rute penerbangan dari Surabaya – Kupang – Ende atau bisa juga menggunakan rute Surabaya – Denpasar – Ende. Sedangkan jika menggunakan kapal laut, maka sebaiknya menggunakan kapal Dharma Lautan Utama dari Surabaya – Maumere yang biasanya memakan waktu kurang lebih 3 hari 2 malam. Setelah sampai di Ende atau Maumere, maka Anda bisa menggunakan travel jurusan Ende-Maumere dan turun di desa Moni. Dari desa Moni, Anda tinggal naik ojek sampai ke tempat parkir Danau Kelimutu.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

  1. Jam Buka Danau Kelimutu
    Sebenarnya objek wisata Danau Kelimutu dibuka 24 jam karena tempat ini merupakan objek wisata gunung seperti gunung yang lain yang dapat didaki kapanpun. Namun, karena jarak trekkingnya tidak terlalu tinggi, sehingga tidak ada wisatawan yang menginap di atas. Hanya saja kebanyakan pendaki mulai berangkat dari penginapan sekitar pukul 2 atau 3 pagi agar bisa menikmati keindahan sunrise di ufuk timur puncak danau Kelimutu.
  2. Harga Tiket Masuk
    Harga tiket masuk Danau Kelimutu adalah sekitar Rp.3000,- pada weekday dan Rp.5000,- pada weekend dan hari libur nasional.

Gambar terkait

 Fasilitas Umum di Sekitar Danau Kelimutu

  1. Penginapan
    Penginapan di sekitar danau Kelimutu sangatlah sederhana. Meskipun begitu beberapa di antaranya cukup nyaman digunakan untuk menginap. Berikut daftar penginapan yang bisa Anda jadikan referensi:
  1. Area Parkir
    Area parkir objek wisata danau kelimutu cukup bagus karena sudah dibeton dan juga luas sehingga bisa menampung kendaraan roda dua dan roda empat dalam jumlah banyak sekaligus.
  2. Toilet Umum
    Terdapat toilet umum dengan beberapa kamar mandi di sebelah area parkir kendaraan dan hanya perlu membayar seiklasnya. Rumah Makan
    Anda dapat menemukan rumah makan dengan mudah di sekitar penginapan. Di area parkir juga terdapat kurang lebih 3 warung makan sederhana serta di puncak di sekitar tugu danau Kelimutu banyak pedagang asongan yang berjualan minuman hangat dan juga makanan cepat saji.

Hasil gambar untuk objek wisata danau kelimutu

Tips Berwisata di Danau Kelimutu

  1. Sebaiknya berangkat pagi hari sekitar pukul 3 dini hari agar Anda bisa menikmati keindahan terbitnya matahari di puncak danau Kelimutu;
  2. Suhu udara di objek wisata ini cukup dingin di pagi hari, jadi pastikan Anda membawa pakaian hangat seperti jaket atau jumper dan juga penutup kepala;
  3. Jika Anda berencana naik pada pagi dini hari, pastikan Anda membawa senter tangan untuk penerangan jalan atau akan lebih baik lagi jika senter kepala sehingga Anda tidak direpotkan untuk membawanya;
  4. Jika Anda menginap di penginapan di desa Moni, sebaiknya membawa lotion anti nyamuk agar Anda bisa tidur dengan tenang karena di sana banyak nyamuk.
Source wisata Nusa Tenggara Timur
Comments
Loading...