Kawah Gunung Ijen Jawa Timur

0 142

Kawah Gunung Ijen Jawa Timur

Kawah Gunung Ijen atau lebih di kenal dengan Kawah Ijen, adalah salah satu gunung yang masih aktif sampai sekarang. Memiliki ketinggian 2.443 m dari atas permukaan laut, berdinding kaldera setinggi 300-500 m dan telah 4 kali meletus di tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936. Ijen merupakan satu komplek gunung berapi yang terdiri dari kawah gunung Ijen dan dataran tingginya. Kawasan ini terletak di tiga kabupaten yaitu Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Gambar terkait

Objek wisata kawah ijen memiliki¬† 2 gunung di dunia yang memiliki keindahan blue fire yang sangat mempesona. “Blue Fire” merupakan proses alami yang terjadi di kawah ijen. Selain itu Wisata Kawah Ijen memiliki sebuah danau kawah yang bersifat asam yang berada di puncak Gunung Ijen dengan tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter dan luas kawah mencapai 5466 Hektar. Kawah Ijen berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.
Hasil gambar untuk lokasi kawah ijen

Fasilitas di Kawah Gunung Ijen Malang

Fasilitas yang dapat di nikmati oleh pengunjung saat mendaki ke puncak Gunung Ijen adalah pondok wisata dan warung yang menjual keperluan pendakian untuk menyaksikan keindahan kawah Ijen. Fasilitas yang di punyai di kawah gunug ijen ini sebagai berikut:
1. Transportasi Mobil AC + Driver + BBM ( selama wisata )
2. Tiket Masuk Ke Lokasi Wisata
3. Free Coffe / Tea di Rest Area Paltuding
4. Makan Pagi 1x ( special menu khas Jawa Timur )
5. Free Guide Lokal
6. Free Tour Leader dari Kompak Tour
7. Dokumentasi Foto ( Diharap bawa Flashdisk/memory 4 Giga )
8. Air Mineral Selama Wisata
9. Parkir Kendaraan
Hasil gambar untuk lokasi kawah ijen

Lokasi & Rute Kawah Gunung Ijen Malang

Lokasi Wisata Ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Ijen merupakan perbatasan wilayah di Jawa Timur diantaranya wilayah Kabupaten Bondowoso dab wilayah Kabupaten Banyuwangi. 

Jalur dan Rute Kawah Gunung Ijen Via Banyuwangi bisa melalui Kec. Licin – Ds. Banyusari, dari Ds. Banyusari perjalanan dilanjutkan menuju Paltuding pintu gerbang utama ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen.Sampai paltuding langsung memulai pendakian ke puncak gunung ijen dan menikmati wisata kawah ijen. Jalur Dan Rute Via Bondowoso yaitu dengan diawali menuju Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding.Sampai paltuding langsung memulai pendakian ke puncak gunung ijen dan menikmati wisata kawah ijen.

Gambar terkait

Perjalanan dari Paltuding menuju puncak gunung ijen dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 3 km dengan durasi waktu 1.5 – 2 jam. Lintasan yang dilewati adalah sejauh 1,5 km medan cukup berat dan menanjak,sebagian jalur dengan kemiringan 25-35 derajad juga struktur tanahnyayang agak berpasir sehingga menambah semakin berat langkah kaki karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke belakang apalagi rata rata pendakian dimulai pagi hari menambah sulitnya pendakian.
Setelah tiba di Pos Bunder (pos yang unik karena memiliki bentuk lingkaran) para pendaki bisa istirahat sejenak dan jalur selanjutnya relatif agak landai. Selain itu wisatawan/pendaki di suguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah. Untuk turun sampai ke kawah ijen harus melintasi medan berbatu-batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang terjal.Namun jika waktu sudah agak siang tidak disarankan untuk turun ke danau kawah ijen karena bisa mengganggu aktifitas pekerja tambang belerang.

Tips Berwisata Ke Kawah Gunung Ijen

1. Pilih Waktu Yang Tepat

2. Siapkan Kondisi Fisik
3. Menyewa Pemandu Lokal
4. Persiapkan Perlengkapan Traking
5. Mentaati Peraturan Yang Ada
Source gunung ijen jawa timur
Comments
Loading...