Pulau Pombo, Surga Tersembunyi di Perairan Maluku

0 199

Pulau Pombo adalah pulau kecil dan tidak berpenghuni yang dikelilingi sepenuhnya oleh batuan dan karang atol yang merupakan karang berbentuk melingkar. Taman Rekreasi Laut Pulau Pombo meliputi area seluas 1.000 hektar tidak lebih dari hamparan pasir, pantai putih dan potongan karang yang dilndungi oleh dedaunan hijau dan rimbun.

Lokasi Pulau Pombo

Pulau Pombo terletak di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah atau secara geografis berada di antara Pulau Haruku dan Pulau Ambon. Diperlukan waktu sekitar 20 menit dari kota Ambon untuk mencapai surga tersembunyi ini. Untuk bisa sampai ke Pulau Pombo, kalian juga bisa menyewa speedboat dari Tulehu dengan tarif Rp500.000*. Selama dalam pelayaran menuju ke pulau, kalian bisa lihat seolah-olah pulau ini mengambang sendirian. Hamparan pasir putih yang mengelilinginya benar-benar menyejukan mata. Apalagi di sekitarnya terlihat gradasi warna hijau kebiruan yang membuat pulau ini makin terlihat eksotis.

Keindahan Pulau Pombo

Ukuran pulau ini terbilang kecil namun bukan berarti kalian tidak bisa melakukan apa-apa disini. Dengan luas kurang dari 4 km2, Pulau Pombo merupakan salah satu pulau terpencil tak berpenghuni. Jaraknya yang dekat dengan Pulau Ambon menjadikannya mudah dijangkau dengan kapal. Pengunjung yang datang ke pulau ini seolah-olah sedang mengisolasi diri karena di sekitarnya hanya terbentang lautan luas.

Keindahan pulau ini juga cukup menakjubkan ketika air sedang surut. Daratan baru yang awalnya merupakan perairan dangkal perlahan mulai terlihat dan berubah menjadi pasir-pasir yang membentuk daratan. Nah kalau sedang beruntung, kalian bisa menyaksikan burung-burung khas Pulau Pombo berkeliaran atau bahkan bulu-bulu mereka yang rontok. Travelers, untuk mengeksplorasi lebih jauh dari kawasan di sekitar pulau, kalian disarankan untuk memakai alas kaki karena terdapat banyak karang yang tajam. Kamu tentu nggak kepengin kaki terluka ‘kan?

Source Pulau Pombo, surga tersembunyi di perairan Maluku Pulau Pombo, surga tersembunyi di perairan Maluku
Comments
Loading...