Keindahan Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai di Belitung

0 228

Kabupaten Belitung tidak hanya memiliki pantai yang indah, melainkan hampir semua alamnya pun indah. Termasuk Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai ini.

Lokasi Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai

Di balik panorama Negeri Laskar Pelangi tersebut, Kabupaten Belitung, khususnya wilayah Kecamatan Membalong ternyata memiliki sebuah air terjun unit yang terselubung. Air terjun yang berada tepat di RT 05/03, Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong itu, memiliki ketinggian sekitar 15 meter.

Keindahan Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai

Air terjun ini semakin melengkapi keindahan Belitung karena memiliki aliran yang tidak terlalu deras dan mengalir melewati tebing yang cukup lebar. Karena permukaannya tidak rata, maka air jatuh langsung menghantam ke dasarnya, tapi melewati bebatuan hingga membuat penampilannya jadi air terjun bertingkat.

Warga sekitar biasa menyebut air terjun tersebut dengan air terjun Jurak Insum Kepala Kawai. Kawasan air terjun itu, berada di balik bukit yang memiliki ketinggian sekitar 200 MDPL (meter dari permukaan laut).

Bukit yang berada dikawasan Hutan Lindung (HL) itu memiliki luasan sekitar 10 hektar. Tekstur dari air terjun Insum Kepala Kawai sangat jarang ditemukan di wilayah kawasan wisata alam lainnya.

Akses Menuju Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai

Untuk mencapai air terjun ini, kita harus menempuh perjalanan sekitar satu jam untuk mencapai tempat ini ke arah selatan kota Tanjungpandan dengan kendaraan, kemudian perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 2km melewati hutan. Tempat ini cocok untuk yang suka trekking hutan.

Source Keindahan Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai di Belitung Keindahan Air Terjun Jurak Insum Kepala Kawai di Belitung
Comments
Loading...