Pesona Pulau Kepayang Belitung

0 175

Salah satu pulau yang wajib dikunjungi ketika hopping island di Pulau Belitung adalah Pulau Kepayang, atau disebut masyarakat setempat sebagai Pulau Babi. Pulau Kepayang merupakan salah satu pulau kecil tak berpenghuni yang terpisah dengan pulau utama Belitung. 

Lokasi Pulau Kepayang

Lokasi pulau ini cukup mudah di jangkau. Lokasi persis pulau Kepayang berdekatan dengan pulau Batu Belayar, pulau burung, pulau pasir dan pulau Lengkuas, Belitung.

Keindahan Pulau Kepayang

Pulau Kepayang terdiri dari dua pulau, Pulau Kepayang Besar dan Pulau Kepayang Kecil. Letak kedua pulau tersebut saling berdekatan. Keduanya memiliki pemandangan yang sama indah, berupa hamparan pasir putih, bebatuan granit yang seolah tertata rapi, air yang jernih yang dangkal, serta beragam jenis ikan yang terlihat dengan jelas di dalamnya.

Yang menarik, Pulau Kepayang dijadikan sebagai tempat konservasi alam untuk penangkaran penyu dan pelestarian batu karang yang dikelola oleh Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB). Area penangkaran berada di kawasan penginapan. Untuk memasuki kawasan tersebut dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Area penangkaran penyu dekat dari gerbang masuk. Terdapat tempat penyu bertelur, penetasan, hingga kolam-kolam tempat pemeliharaan bayi-bayi penyu, dan penyu-penyu dewasa. Sedangkan, untuk pelestarian karang, maka siapapun termasuk wisatawan yang berkunjung, dapat terlibat dalam upaya konservasi dengan mengadopsi karang seharga Rp 50.000 / stek. 

Source Pesona Pulau Kepayang Belitung Berlayar ke Pulau Kepayang Belitung
Comments
Loading...