Pantai Burung Mandi di Belitung

0 200

Pantai Burung Mandi adalah nama sebuah gunung di Timur Laut Belitung, Burung Mandi merupakan tujuan wisata utama bagi masyarakat Manggar dan sekitarnya. Tempat ini sudah dikenal sejak Belanda pertama kali mendirikan pusat penambangan timah di desa Damar, desa terdekat dari Burung Mandi.

Lokasi Pantai Burung Mandi

Bagi masyarakat Belitung Timur, pantai Burung Mandi sudah seperti Ancol-nya warga Jakarta. Terletak di Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, kabupaten Belitung Timur (Beltim), pantai burung mandi berjarak hampir 20 kilometer dari Manggar, ibu kota Beltim.

Akses Menuju Pantai Burung Timur

Akses menuju Pantai Burung Mandi ini sudah ditunjang dengan infrastruktur jalan beraspal yang mulus. Jadi meskipun jaraknya cukup jauh dari Tanjungpandan, namun perjalanan biasanya hanya memakan waktu sekitar 1 jam lebih sedikit. Disepanjang jalan anda bisa melihat perkampungan dan perkebunan masyarakat lokal Belitung.

Keindahan Pantai Burung Timur

Pantai Burung Mandi memiliki pasir yang putih layaknya pantai-pantai Belitung lainnya. Menariknya di pantai ini anda tidak bisa melihat batu-batu granit yang menjadi ciri khas pantai di Belitung seperti di pantai Tanjung Tinggi atau pantai Tanjung Kelayang.

Di pantai ini anda bisa duduk-duduk berteduh dibawah pohon-pohon pinus laut yang berjejer disepanjang pantai seolah menjadi pembatas antara pantai dan daratan. Di depan pantai anda dapat menyaksikan gunung Burung Mandi. Inilah satu-satunya pantai di Belitung yang memiliki latar belakang sebuah gunung

Memasuki kawasan pantai, pengunjung akan disambut oleh tugu 2 ekor burung yang menyampaikan ucapan ‘selamat datang’. Pantai Burung Mandi memiliki garis pantai landai yang panjangnya sekitar 2 kilometer dengan pasir putih yang sangat halus.

Disisi pantai berjajar pohon kelapa dan cemara laut. Di sudut pantai, biasanya akan terlihat perahu kater berwarna warni yang dipakai oleh Nelayan Desa Burung mandi untuk mencari ikan.

Source Pantai Burung Mandi di Belitung Pantai Burung Mandi di Belitung
Comments
Loading...