Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-XKbo87.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

0 114

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah salah satu taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Taman Nasional ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia. TN Gunung Gede Pangrango terutama di dirikan untuk melindungi dan mengkonservasi ekosistem dan flora pegunungan yang cantik di Jawa Barat. Dengan luas 21.975 hektare.

Related image

Kawasan Taman Nasional Gunung Gede ini merupakan objek wisata alam yang banyak menarik minat pengunjung domestik dan asing. Panorama berupa pemandangan matahari terbenam/terbit, hamparan kota Cianjur– Sukabumi -Bogor terlihat dengan jelas, atraksi geologi yang menarik dan pengamatan tumbuhan khas sekitar kawah. Di puncak ini terdapat tiga kawah yang masih aktif dalam satu kompleks yaitu kawah Lanang, Ratu dan Wadon. Berada pada ketinggian 2.958 meter dpl dengan jarak 9,7 km atau 5 jam perjalanan dari Cibodas.

Image result for gambar gunung gede pangrango

Yang Menarik Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini. Mulai dari  “si pohon raksasa” Rasamala, “si pemburu serangga” atau kantong semar (Nephentes spp); berjenis-jenis anggrek hutan, dan bahkan ada beberapa jenis tumbuhan yang belum di kenal namanya secara ilmiah, seperti jamur yang bercahaya.

Taman Nasional ini di resmikan pada tahun 1980 ini juga menjadi habitat bagi berbagai satwa liar seperti kepik raksasa, sejenis kumbang, lebih dari 100 jenis mamalia seperti Kijang, Pelanduk, Anjing hutan, Macan tutul, Sigung, dll, serta 250 jenis burung. Kawasan ini juga merupakan habitat Owa Jawa, Surili dan Lutung dan Elang Jawa yang populasinya hampir mendekati punah.

Related image

Aksesbilitas

Dari Jakarta berjarak 100 m. Dapat di tempuh melalui Jalan Tol Jagorawi dan keluar di Tol Ciawi. Di pertigaan Ciawi, ambil jurusan Puncak – Bandung. Setelah 7,6 km dari Puncak Pass Hotel, setelah Outlet DSE, belok ke kanan tepat pada pertigaan di Paragajen (Papan Nama Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ada di sebelah kiri jalan). Jalan lurus kira-kira 3 km dan sampai pada portal pintu Gerbang Wisata Cibodas, dan di sini ada restribusi (mobil dan kendaraan roda dua Rp.3000,- dan setiap penumpang Rp. 1000,-/orang). Tidak jauh dari portal ini, anda menemukan kantor Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di sebelah kanan. Dengan bis umum dari Bogor – Bandung, Jakarta – Bandung yang lewat Puncak. Turun di Pertigaan di Paragajen, dekat Outlet DSE. (Pertigaan ini disebut Pertigaan Cibodas, dan papan nama TNGP disebelah kiri jalan). Dari pertigaan, anda naik angkot warna kuning (Cibodas, Rarahan) dengan ongkos Rp. 2000 per orang sampai di pintu gerbang TNGP. Tarif ojek sampai ke pintu gerbang kantor TNGP Rp. 6000,-.
Guung Putri Terletak 15 km dari Cibodas. Pengunjung dapat menuju lokasi ini dari Cipanas dengan jarak kira-kira 7 km. Lokasi Kemping Bobojong di Gunung Putri berjarak 1 km jalan kaki dari terminal angkot di Gunung Putri. Pengunjung harus naik angkot dari terminal Cipanas ke Gunung Putri dengan ongkos Rp. 3000,- /orang.

Image result for gambar gunung gede pangrango

Lokasi

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah taman nasional di Jawa Barat, Indonesia. Taman ini berpusat di dua gunung berapi – Gunung Gede dan Gunung Pangrango – dan berjarak 150 km².

Alamat di Jalan Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43253,   Gede berada di tiga kabupetan sekaligus yakni Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat

 

 

Source wisata jawa barat
Comments
Loading...