Pantai Mawun Surga Wisata di Nusa Tenggara Barat

0 188

Lokasi Pantai Mawun

Pantai Mawun layak di kunjungi saat berlibur ke Lombok, Nusa Tenggara BaratPantai Mawun terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. Sebagai salah satu pantai terindah yang dimiliki oleh Lombok, Pantai Mawun pun terus berbenah agar bisa mengundang lebih banyak wisatawan untuk berbondong-bondong datang dan membuktikan pesonanya yang ampuh.

Pantai Mawun adalah bagian dari sebuah teluk yang lokasinya ada di Lombok bagian selatan. Yang unik adalah bahwa kalau di lihat dari atas, garis pantainya punya bentuk yang mirip dengan tapal kuda. Pemandangan makin terlihat eksotis dengan kehadiran 2 bukit bernama Bukit Pengolo dan Bukit Nettem yang letaknya ada pada bagian timur dan barat Pantai Mawun. Posisi kedua bukit yang begitu kentara ini terlihat seperti pintu gerbang yang akan menyambut wisatawan yang datang.

Keindahan Pantai Mawun

Melihat air Pantai Mawun yang sangat biru akan membuat siapapun tidak tahan untuk segera bermain-main dengan air. Entah berenang atau sekedar berbasah-basahan. Tapi Anda harus tetap hati-hati karena ombak yang datang pada sisi pantai bagian tengah relatif lebih besar dibandingkan pada sisi sebelah timur dan barat karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi kalau mau aman, Anda pilih lokasi pantai yang ada pada bagian timur dan barat karena ombaknya cukup tenang dan terlindung oleh bukit.

Bibir pantai ini cukup dalam, beberapa pengunjung ada yang melakukan snorkeling untuk menyaksikan keindahana bawah air. Pasir putih selembut sutera juga bisa anda temukan di sini. Berjalan-jalan sambil bertelanjang kaki pun tidak masalah karena anda bisa merasakan langsung suasana pantai yang sebenarnya sambil mengitari kawasan Pantai Mawun. Pasir putih yang lembut ini lebih banyak terlihat pada sisi pantai bagian tengah. Sedangkan jika anda melangkahkan kaki ke bagian barat, tekstur pasirnya agak kasar karena sudah ada campuran pecahan karang.

Bagi Anda yang suka tantangan, Anda bisa mendaki bukit ini untuk menyaksikan birunya pemandangan laut lepas di kejauhan. Rasakan hembusan angin dan sensasinya. Di salah satu sudut pantai ini terdapat sebuah pohon yang cukup rimbun. Anda bisa menggelar tikar disana sembari menyantap hidangan atau sekedar bercengkrama bersama orang terdekat ditemani suasana pantai yang syahdu. Anda bisa meyaksikan birunya Pantai Mawun di bawah pohon ini. 

Akses Menuju Pantai Mawun

Dari Mataram, Pantai Mawun ini berjarak sekitar 65 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Sebaiknya Anda tidak menggunakan kendaraan umum karena rute ini jarang dilewati. Rute terbaik untuk mencapai Mawun adalah Mataram – Kediri – Praya- Penunjak – Selong Belanak – Mawun. Rute ini memang bukan satu-satunya tapi merupakan jalur yang paling baik yang bisa dipilih dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

 
Source Pantai Mawun Surga Wisata di Nusa Tenggara Barat Pantai Mawun Surga Wisata Komplit di Nusa Tenggara Barat
Comments
Loading...