Warning: unlink(/tmp/dfa16b13c44bbe524bb9588b94873dba-fAgV0B.tmp): No such file or directory in /home/infoprima/public_html/jalanwisata.id/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-ftpext.php on line 167

Wisata Gunung Semeru Jawa Timur

0 164

Gunung Semeru Jawa Timur

Gunung Semeru adalah sebuah gunung berpai aktif yang telah beberapa kali meletus di tahun 2015 silam, gunung ini sendiri memiliki bentuk kerucut dengan puncaknya yang mempunyai ketinggin sampai 3676 meter di atas permukaan laut. Gunung Semeru atau biasa di sebut Mahameru juga adalah gunung api tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggiannya tersebut Gunung Semeru dapat di lihat dari berbagai tempat yang ada di sekitaran Kabupaten Lumajang, Malang, Tengger dan beberapa tempat lainnya.

Gambar terkait

Gunung Semeru secara detail berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang dekat dengan Gunung Bromo. Keindahan Gunung Semeru sendiri menyebabkan banyak sekali pendaki yang ingin menyaksikan serta menaklukan tantangan gunung ini. Di puncak Gunung Semeru pendaki akan bisa melihat panorama kawah Jonggring Saloko yang merupakan kawah puncak di Gunung tertinggi. Kawah ini memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 m di bagian sebelah selatan yang mendobrak tepi kawah sehingga menyebabkan aliran lava menyusuri tepi selatan mengarah ke daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Akses Menuju di Gunung Semeru

Untuk dapat mencapai Gunung Semeru maka para pengunjung bisa melakukan perjalanan dengan start terminal kota Malang lalu menuju desa Tumpang, dari Tumpang naik Jeep, Pickup/truk hingga sampai di pos Ranu Pani. Sebelumnya mampir sebentar di Gubuklakah untuk mendapat surat ijin dengan biaya sekitar 6000 rupiah/10 orang maksimal. Karcis masuk 2000 per orang dan juga asuransi 2000 per orang. Melakukan pendakian ke Gunung Semeru memerlukan waktu kurang lebih 4 hari pulang pergi, nah maka dari itu sedianya anda yang ingin trekking ke gunung ini siapkan perbekalan yang cukup, seperti makanan dan juga alat keselamatan lainnya.

Gambar terkait

Fasilitas :

– Camping Gear (Tenda Doom, Matras, Sleeping Bag, Peralatan Masak)
– Tiket Masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)
– Penginapan 1 Malam di Malang & di Bromo
– Transportasi (AC) Bandara Juanda – Tumpang & Bromo – Bandara Juanda
– 4 Wheel Drive Jeep (Tumpang – Ranu Pane & Ranu Pane – Bromo)
– 3X Makan Per Hari (Pagi, Siang, Malam) + Snack
– Guide, Porter, P3K & Asuran

Peralatan yang perlu dibawa Peserta :

– Daypack
– Pakaian Pribadi + Cadangan; Baju Hangat (Sweeter Dll) & Celana Panjang (Secukupnya)
– Kamera / Handycam
– Peralatan Mandi & Ibadah
– Raincoat / Jas Hujan
– Sepatu & Sendal Trekking (Sepatu yang kuat dan tidak terlalu sempit)
– Kaos Kaki Tebal, Sarung Tangan, Sarung Kepala & Topi lapangan
– Kacamata Hitam & Sunblock
– Makanan dan Minuman Tambahan Pribadi
– Obat-obatan Pribadi (Yang direkomendasikan Dokter atau Rumah Sakit) & Tiger Balm / Obat semprot otot (untuk nyeri otot)
– Tidak dianjurkan untuk mendaki bagi Peserta uang memiliki penyakit Sesak Napas, Jantung Koroner, Epilepsi, Darah Tinggi, Indikasi Vertigo dan penyakit berbahaya lainnya.

Gambar terkait

Lokasi di Gunung Semeru

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut.
Ketinggian relatif: 12.060 ft
Ketinggian: 12.060 ft
Letusan terakhir: 2015
Provinsi: Jawa Timur

Rute Menuju Gunung Semeru

Ada beberapa alternatif rute untuk mencapai kaki gunung Semeru. Yang paling umum dan paling sering digunakan oleh para pendaki ialah rute melalui Malang – Tumpang. Dari terminal Arjosari di kota Malang anda bisa menaiki minibus menuju Tumpang, perjalanan lalu dilanjutkan dengan menaiki kendaraan 4 WD menuju Ngadas. Apabila ingin lebih hemat anda bisa menumpang truk milik petani setempat untuk menuju Ngadas. Harga tiket masuk sekitar Rp. 50.000.

Peta Lokasi Gunung Semeru

Gambar terkait

Source gunung semeru jawa timur
Comments
Loading...