Bukit Kelam, Wisata Sintang yang Wajib Untuk Dikunjungi

0 187

Taman Wisata Bukit Kelam Sintang adalah sebuah pulau yang masuk dalam kawasan alam yang dilindungi dengan status sebagai sebuah wisata alam yang Alami. Berada di Kabupaten Sintang, Kecamatan Klam Permai, Kalimantan Barat sekitar 15 kilometer lebih dari pusat Kota Sintang. Taman Wisata Bukit Kelam Sintang sendiri terletak di antara 2 bantaran sungai, adalah sungai Kapuas dan sungai Melawai.

Sejarah Terbentuknya Bukit Kelam Sintang

Menurut cerita yang tesebar di masayarkat Sintang, Taman Wisata Bukit Kelam Sintang ini  ada kaitannya dengan legenda cerita Bujan Beji dengan Tumenggung Marubai. Bujang Beji dengan Tumenggung Marubai merupakan sebuah ketua kelompok dari para pencari ikan negeri Sintang. Kedua ketua kelompok pencari ikan tersebut membagi wilayah tempat pencarian ikan yaitu, Bujang Beji dengan anggota kelompoknya mencari ikan berkuasa di sungai Kapuas, sedangkan Tumenggung Marubai dengan anggota kelompok pencari ikannya berkuasa di sungai Melawi.

 

Dikarenakan adanya perbedaan hasil tangkapan ikan dari kedua kelompok tersebut, kemudian muncullah niat keji dari Anggota Bujang Beji untuk menutup aliran sungai Melawi menggunakan batu besar. Kelompok dari Bujang Beji tersebut lalu berangkat kehulu sungai Kapuas untuk mengambil batu besar yang berada bukit Nanga Silat lalu membawanya ke Sungai Melawi. Namun, ditengah perjalan untuk menuju pada persimpangan antara sungai Sungai Melawi dan sungai Kapuas, aktivtas yang dilakukan oleh kelompok Bujang Beji ditertawai oleh dewi – dewi kayangan secara beramai. Lalu mereak semua mencari asal seuara tertawa tersebut dan tanpa sadar kelompok tersebut menginjak sebuah duri yang beracun. Kemudian dari batu besar yang dibwanya tersebut lepas dan terbenam di suatu tempat bernama Jetak. Lama – lama terbenam dan perlahan batu besar tersebut secara perlahan kian tumbuh menjadi sebuah bukit yang saat ini dikenal sebagai Bukit Kelam Sintang.

Keistimewaan Bukit Kelam Sintang

Sebagai salah satu situs wisata alam yang memiliki panorama alam yang sangat indah menjadikan Taman Wisata Bukit Kelam ini sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas wisata seperti panjat tebing, dan juga paralayang. Dikarenakan Bukit Kelam ini berada pada ketinggiam 50 hingga 900 m berada di atas permukaan laut dan juga memilki kemiringan yaitu 15 – 40 derajat,  dan dapat mencapai 45 derajat.

Pemandangan alam yang sangat indah alami disertai udara yang sejuk segar menjadikan kawasan Bukit Kelam Sintang sebagai kawasan wisata yang wajib untuk Anda kujungi. Bukan hanya itu saja bukit kelam ini juga menyimpan beraneka ragam flora dan fauna. Mulai dari flora langka seperti tumbuhan meranti, tengkawang, kebas – kebas , bangeris dan masih banyak lainnya. Dan fauna langka seperti trenggiling, alap – alap beruang madu kian menjadikan kawasan Bukit Kelam Sintang ini menjadi sangat lengkap.Jika Anda ingin ke puncak Bukit Kelam Sintang ini, Anda akan melewati tangga yang terbuat dari batu yang tingginya sekitar 90 m dan terletak pada bagian Barat Bukit Kelam Sintang. Juga jika Anda yang mempunyai nyali yang cukup besar, Anda dapat mencapai puncak Bukit Kelam Sintang tersebut dengan melewati sebuah batu tebing yang cukup ekstrim dan terjal.

Jika Anda telah sampai pada puncak dari bukit tersebut, Anda dapat menjumpai sebuah gua – gua yang cukup eksotis yang bernuansa magis serta pada dalam gua tersebut bisa Anda jumpai sarang dari burung walet. Pada puncak Bukit Kelam Sintang Anda juga dapat melihat hutan hujan tropis yang sangat hijau lebat membentang di sekitar bukit tersebut dan sungai kapuas juga Sungai Melawi yang telihat mengapit kota Sintang sendiri.

Panorama alam dari kota Sintang juga terlihat dari kejauhan di atas Bukit Kelam Sintang ini disertai hamparan sawah yang luas terbentang di bawahnya. Pada musim hujan tiba Anda juga dapat melihat air terjun yang indah di atas bukit ini.

Source Bukit Kelam , Wisata Sintang yang Wajib Untuk Dikunjungi Bukit Kelam , Wisata Sintang yang Wajib Untuk Dikunjungi
Comments
Loading...