Kepulauan Togean, Keindahan Tersembunyi Di Sulawesi

0 177

Kepulauan Togean merupakan gugus kepulauan yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah Indonesia. Secara administrasi wilayah ini berada di Kabupaten Tojo Una-una, Kepulauan Togean tersebar sepanjang kurang lebih 90 Kilometer. Terdapat sekitar 60 pulau kecil yang berada di gugus Kepulauan Togean ini. Terdapat beberapa pulau besar diantaranya Pulau Togian, Pulau Batudaka, Pulau Poat, dan Pulau Waleabahi.

Keindahan Kepulauan Togean

Pulau Togean merupakan destinasi wisata yang sangat populer bagi para wisatawan dari mancanegara. Panorama alam Kepulauan Togean memang sungguh eksotis. Di sini, para wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan wisata, seperti memancing, menyelam, berenang, berlayar, atau berjemur di atas pasir putih yang terhampar di hampir seluruh pantai. Jadi, tempat ini sangat kami rekomendasikan buat dijadikan sebagai destinasi tempat liburan kamu. 

Akses Menuju Kepulauan Togean

 Kamu bisa mencapai Togean dengan dua alternatif rute, yaitu via Gorontalo atau via Palu. Dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, kamu bisa menyewa kendaraan untuk menuju Pelabuhan Gorontalo lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal feri Tuna Tomini ke Wakai, Togean. Namun demikian, kapal ini hanya berangkat pada hari Selasa dan Jumat sekitar pukul 18.00 WITA dengan waktu tempuh lebih kurang 12 jam.

 

Selain  dari Kota Gorontalo, kamu juga bisa mencapai Togean (Dolong Waleakodi) via Bumbulan Paguat di Kabupaten Gorontalo selama sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Gorontalo. Lalu kamu naik kapal Cengkeh Afo yang berangkat setiap hari Senin dan Kamis pukul 08.00 WITA. Waktu tempuhnya lebih singkat, yaitu sekitar 6 jam perjalanan.
Pelabuhan Wakai

Sementara bagi kamu yang memilih perjalanan via Palu, kamu bisa memilih rute penerbangan menuju Kota Palu terlebih dahulu. Dari Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, kamu harus naik bus atau travel ke Ampana via Poso (375 Km) dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan. Dari Ampana, kamu tinggal naik kapal Puspita Sari atau Lumbalumba menuju Wakai, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan. Kedua kapal itu beroperasi setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu sekitar pukul 10.00 WITA. Selain itu, kamu juga bisa naik kapal feri Tuna Tomini yang berangkat dari Ampana setiap hari Senin, Kamis, dan Minggu pada jam yang sama dengan kedua kapal sebelumnya.

Transportasi 2

Perlu kamu tahu bahwa rute yang sangat mudah sehingga banyak orang yang memilihnya adalah via Gorontalo dengan kapal feri Tuna Tomini. Kamu tak perlu melakukan perjalanan darat yang sangat jauh. Akan tetapi kamu harus mengalokasikan waktu yang cukup banyak. Jika waktu libur atau cuti kamu terbatas, kamu bisa lewat Palu yang memiliki jadwal keberangkatan kapal yang lebih banyak.

Fasilitas Di Kepulauan Togean

Di Kepulauan Togean terdapat berbagai macam penginapan, mulai dari resort mewah hingga homestay sederhana. Apabila kamu ingin menghemat biaya liburan, maka homestay bisa menjadi pilihan yang menarik. Pada umumnya tarif homestay termurah sekitar Rp 200 ribu per malam dengan fasilitas kamar mandi dalam dan makan 3 kali sehari. Salah satu keunikan fasilitas akomodasi di Togean adalah sudah termasuk makan sebanyak 3 kali sehari serta kopi dan teh. Namun demikian, harga sewa homestay umumnya dihitung per orang, bukan per kamar.

 

Karena terdapat banyak pulau kecil, maka letak penginapan pun tidak hanya berada di satu pulau saja. Setiap pulau di gugus kepulauan ini memiliki daya tarik tersendiri. Pulau Kadidiri adalah yang paling terkenal di antara pulau-pulau di sini karena keindahan pantainya. Pulau Wakai, tempat kamu turun kapal, adalah pulau terbesar dan memiliki jumlah homestay terbanyak. Kamu juga bisa menginap di Pulau Una-una, Bomba, atau Waleabahi. Jika kamu memilih menginap selain di Pulau Wakai, kamu harus bertanya atau mengatur transportasi lokal dengan warga setempat.

Source Kepulauan Togean, Keindahan Tersembunyi Di Sulawesi Kepulauan Togean, Keindahan Tersembunyi Di Sulawesi
Comments
Loading...