Pesona Dan Keindahan Objek Wisata Pulau Cubadak, Sumatera Barat

0 188

Pulau Cubadak

Pulau Cubadak terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Painan, Sumatera Barat. Wisata bahari (laut) yang satu ini sudah tidak asing lagi di Indonesia bahkan mancanegara dengan keindahan panorama Pulau Cubadak mampu menghipnotis setiap pengunjungnya dengan Pesona dan Keindahan Objek Wisata Pulau Cubadak yang sulit untuk dilupakan.
Pulau ini memiliki luas wilayah sekitar 5750 km persegi dan dengan ketinggian berada 1.000 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Pulau cubadak terletak dengan posisi memanjang dari utara ke selatan di bagian barat Sumatra Barat. Panjang pantainya lebih 1,5 km dan lahan yang dikuasai pengelola Cubadak adalah sekitar tujuh hektar.
Kawasan Pulau Cubadak pada mulanya adalah bekas kawah dengan luas sekitar 40 km persegi. Pulau ini tidak berpenduduk, kecuali hanya segelintir rumah nelayan sebagai tempat persinggahan saat kemalaman melaut, dan dipenuhi hutan lebat. Sejumlah satwa burung dan binatang liar seperti monyet, rusa, babi hidup di sini.
Cubadak merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil di lepas pantai Sumatra Barat. Namun kini, setelah tahu kondisi alam dan keindahannya yang potensial, pemerintah daerah mulai menggarap pulau ini dengan serius. Terbukti, hasil garapan itu menjadikan pulau Cubadak mendapat julukan Paradiso Village oleh orang – orang Eropa.

Akses Menuju Pulau Cubadak

Jarak pulau Cubadak dari kota Padang sekitar 60 km. Untuk bisa mencapai pulau ini, setiba di bandara Minangkabau, wisatawan dapat menuju dermaga di pantai Corocok di ibukota Painan, kabupaten Pesisir Selatan. Perjalanan pulau Cubadak perjalanan sendiri kurang dari 2 jam. Pihak pengelola  akan menawarkan jemputan dari bandara kepada tamu yang berkunjung dengan syarat  pengunjung  bermalam tiga hari atau lebih di resort mereka.Meski demikian, penataan resort mereka tidak main-main, benar benar tertata apik.

Keindahan dan Aktivitas di Pulau Cubadak

Kondisi laut yang tak langsung berbatasan dengan Samudera Hindia membuat ombak yang menghempas pantai dengan lembut menjadi relaksasi tersendiri bagi wisatawan yang ingin dimanjakan oleh sejuknya suasana pantai ini. 

Apabila kita ingin menyelam, terdapat 18 titik penyelaman di sekitar kawasan ini, dengan keberagaman biota bawah laut. Pulau ini menurut penyelam dari berbagai Negara merupakan titik terbaik di dunia. Ibaratnya begini, jika Mentawai adalah surga para peselancar, maka Cubadak adalah surga para penyelam karena dasar laut yang mengelilingi pulau ini ditumbuhi terumbu-terumbu karang yang indah dan ikan hias warna-warni.

Hasil gambar untuk lokasi pulau cubadak

Aktivitas lain yang bisa kita lakukan adalah kanoing atau berlayar. Pelayaran bisa kita lakukan dengan menggunakan jukung atau sebutan untuk perahu nelayan di masyarakat sekitar. Perahu ini memiliki dua lambung, kapasitas penumpang sendiri dapat dinaiki 3 hingga 4 orang. Ombak di pesisir tak begitu terasa membuat olahraga satu ini menjadi menyenangkan. Wisatawan juga dapat melakukan ski air (knee boarding) dan kegiatan lainnya tapi akan dikenakan biaya tambahan oleh mereka.

Bagi yang menyukai trekking, kegiatan  ini dapat dilakukan dengan jalur yang telah di tentukan di seputaran hutan Pulau Cubadak. Jalur yang akan dilewati tergolong menantang basah lembab. Jika beruntung, kita bisa menemukan fauna asli pulau ini diantaranya rusa, kera, babi, biawak dan burung, kegiatan selanjutnya yang cukup unik yang mereka tawarkan seperti melakukan camping akan diadakan.

Bagi anda yang menginginkan suasana tenang dan jauh dari bisingnya kota kota besar, relaksasi sejenak untuk beberapa hari di pulau ini sangat begitu disarankan, apalagi dengan segala fasilitas yang tersedia lengkap memanjakan diri anda.

Source Pesona dan Keindahan Objek Wisata Pulau Cubadak, Sumatera Barat Pesona dan Keindahan Objek Wisata Pulau Cubadak, Sumatera Barat
Comments
Loading...