Air Terjun Coban Sumber Pitu Pujon Malang

0 142

Coban Sumber Pitu Pujon merupakan tempat wisata di Malang. Coban Sumber Pitu terletak di Dusun Tulungrejo, Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dalam bahasa indonesia, Coban Sumber Pitu Pujon adalah air terjun yang memiliki 7 sumber. Di sebut seperti itu karena memang Air Terjun Sumber Pitu memiliki 7 air terjun yang saling berdekatan dan tebingnya selebar kurang lebih 50 meter.

Coban Pitu sendiri ada 2 di kota malang, yaitu Coban Pitu di wilayah Duwet Krajan, atau di ujung timur Kabupaten Malang. dan yang di bahas kali ini adalah Coban Sumber Pitu di wilayah Punjon Malang. Air terjun Sumber Pitu Pujon sendiri berada di jalur Kota Batu, Malang – Kediri atau masih satu jalur dengan beberapa air terjun yang berada di Kota Batu Malang, yaitu air terjun Coban Rondo. Memang dua air terjun ini masih berada di satu gugus pegunungan yang sama.

Hasil gambar untuk wisata coban sumber pitu

Lokasi dan Rute menuju ke Air Terjun Sumber Pitu Pujon

Secara administratif Air Terjun atau Coban Sumber Pitu Malang ini berada di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang  Jawatimur. Untuk menuju kesana paling mudah adalah melalui Jalur Batu – Kediri. Coban Air Terjun Sumber Pitu sendiri berada di titik koordinat -7.865354, 112.464290 .

Rute menuju ke Coban Sumber Pitu Pujon pun cukup mudah. Jika pengunjung berada di kota malang langsung saja menuju ke Kota wisata Batu. dari Kota Batu ambil arah menuju ke jalan Batu-Kediri. lurus saja sampai ketemu pertigaan dengan sebuah patung sapi di pertigaan Ringin Punden lalu belok ke kiri. Dari sana lurus aja menuju ke barat menuju ke Dusun Pujon Kidul.

Gambar terkait

Keindahan Air Tejun Sumber Pitu Pujon Malang

Setelah pengunjung sampai di pos informasi pengunjung akan di berikan beberapa informasi tentang Air Terjun Sumber Pitu. Dari pos informasi pengunjung harus masih berajalan melewati perkebunan sayur milik warga sekitar dan hutan milik perhutani  sejauh sektiar 2 kilometer. Di wilayah wisata alam Coban Sumber Pitu malang sendiri terdiri dari 2 pos. Pos pertama adalah pos informasi segala hal tentang Coban Sumber Pitu. pos yang kedua adalah pos peristirahatan. Sebenarnya para pengunjung bnisa memarkirkan kendaraan roda dua disini., tetapi arena di pos 2 tidak ada tukang parkir, maka rawan terjadi pencurian.

Di sepanjang perjalanan pengunjung akan di suguhkan dengan pemandangan para petani lokal berkebun memetik sayuran di sana. Setelah melewati perkebunan sayur pengunjung mulai memasuki jalur tracking menuju hutan milik perhutani tempat di mana Coban Sumber Pitu berada. Suara gemercik air yang jatuh akan mulai terdengar ketika para pengunjung sudah mulai mendekati lokasi air terjun sumber pitu. Ketika pengunjung sudah mulai mendekati ke air terjun sumber pitu akan menemui aliran sungai yang berasal dari mata air tersebut.

Hasil gambar untuk wisata coban sumber pitu

Akses Menuju Air Terjun Sumber Pitu Pujon Malang

Wisata Taman nasional Bromo Tengger Semeru atau Coban Pelangi.  Dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua dan empat,  Dari pasar Tumpang arahkan kendaraan ke Gubuk Klakah hingga tiba di Desa Wringinanom Kecamatan Poncokusumo.  Tepat di depan balai desa Wringinanom ambil belokan ke kiri sejauh kurang lebih 4 km menuju Desa Duwet Krajan.  Setelah memarkirkan kendaraan di Balai Desa Duwet Krajan ini perjalanan diteruskan  dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh 2 km hingga tiba di lokasi coban berada.   Pintu masuk jalan setapak tersebut  terletak persis di samping balai desa.

Gambar terkait

Dari kebun Cengkeh, wisatawan akan di sambut jalan beton yang menembus hutan bambu yang sangat asri, gerbang menuju area persawahan dan tebing-tebing raksasa di sekitar air terjun. Dari sini perjalanan masih sekitar 2 kilometer. Berjalan sekitar 15 menit, Ngalamers akan menemui pertigaan di tengah sawah (ketika halomalang berkunjung terdapat tumpukan pipa PDAM). Arah kiri melewati Gubuk Watu-landai namun cukup jauh memutar. Arah kanan merupakan jalan singkat yang nantinya akan tepat berada di atas Air Terjun Ringin Gantung-namun harus melewati tangga darurat dari bambu menuruni tebing setinggi kurang lebih 40 meter. Butuh nyali, dan mengasyikkan – namun tidak disarankan jika kondisinya gerimis dan pengunjung takut dengan ketinggian.

Inilah keuntungan jika berkunjung ke Sumber Pitu. Pengunjung bisa menikmati keindahan dua air terjun sekaligus di satu lokasi. Tak jauh dari Sumber Pitu, mengalir deras Air Terjun Ringin Gantung dari ketinggian sekitar 40 meter. Disebut ringin gantung karena terdapat pohon beringin yang menempel pada sisi barat Air Terjun.